Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Kecamatan dan Desa dalam Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) bagi Perangkat Desa / Operator di Kabupaten Wonogiri Tahun 2017

  • Oct 03, 2017
  • sendang-wonogiri
  • BERITA

SID merupakan sistem informasi yang diterapkan di Tingkat Desa, dikembangkan oleh Pemerintah Daerah bersama Pemerintah Kabupaten dan terintergrasi melalui sistem informasi yang ada di Tingkat Daerah dan Kabupaten. Sedangkan data desa merupakan aspek penting dalam perencanaan, perumusan kebijakan, program, dan pengukuran capaian kinerja Pembangunan Desa serta percepatan penanggulangan kemiskinan di Daerah.

Oleh sebab itu guna mensinergikan Data Desa sebagaimana dimaksud diatas, maka diperlukan pedoman pengembangan Sistem Informasi Desa dan penyelenggaraan Forum Data. Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri berkewajiban memfasilitasi proses pengembangan aplikasi kepada seluruh Desa, dengan mengadakan pelatihan bagi Perangkat Desa/operator SID.

Adapun Pelaksana Kegiatan bimbingan teknis SID bagi operator Kecamatan / Desa ini adalah Kepala Dinas beserta unsur Staf di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri. Dan peserta berjumlah 220 orang dari 220 desa di Kabupaten Wonogiri. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Indah Palace Jln.Veteran No.248 Solo, terbagi dalam 5 angkatan sbb :

  1. Angkatan Pertama Hari : Senin s/d Rabu, Tanggal 2-4 Okt 2017.
  2. Angkatan Kedua, Hari : Kamis s/d Sabtu, Tanggal 5-7 Okt 2017.
  3. Angkatan Ketiga, Hari : Kamis s/d Sabtu, Tanggal 12-14 Okt 2017.
  4. Angkatan Keempat, Hari : Senin s/d Rabu, Tanggal 16-18 Okt 2017.
  5. Angkatan Kelima, Hari : Kamis s/d Sabtu, Tanggal 19-21 Oktober 2017.