Musrenbangdes Sendang: Penyusunan RPJMDes Perubahan Tahun 2025-2027

  • Oct 01, 2024
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Senin (30/9/2024) telah diselenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Sendang Tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Sendang dan dihadiri oleh 55 peserta, terdiri dari Kades & perangkat desa, BPD, LPM, Kader PKK, RT/RW, LPM, Toga-Tomas dan beberapa tokoh perwakilan perempuan. Musrenbangdes ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merumuskan RPJMDes Perubahan Desa Sendang 2 tahun mendatang.

Acara dibuka oleh Ketua BPD Sendang Sumarso yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran seluruh tamu undangan. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan sambutan Kepala Desa Sendang Sukamto Priyowiyoto yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan siklus anggaran tahun 2025 dalam rangka mewujudkan visi misi Desa Sendang yaitu optimalisasi potensi desa. Sebelum Musrenbangdes telah dilakukan musyawarah partisipatif dengan mengundang berbagai kelompok masyarakat mulai petani, nelayan, UMKM, KPM Bansos, Pokdarwis, Sanggar Seni, Relawan dan juga diselenggarakan Musdus untuk 12 dusun.

Salah satu fokus utama dalam kegiatan Musrenbangdes ini adalah menjaring aspirasi masyarakat yang belum terealisasi. Selain itu, peserta juga melakukan pencermatan terhadap target RPJMDes yang telah disusun 6 tahun yang lalu. Dilanjutkan sambutan dari Kasi Kesra Kecamatan Wonogiri, Eko Suprihadi mewakili Camat Wonogiri. Dalam sambutannya ia menyampaikan pentingnya dilakukan koreksi dan evaluasi terhadap kegiatan yang telah berjalan. “Saran dan masukan dari seluruh peserta musyawarah sangat diharapkan, guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera sesuai dengan visi misi Desa Sendang,” ungkapnya.

Pada kesempatan selanjutnya, Dewi selaku Pendamping Desa Kecamatan Wonogiri menyampaikan pentingnya program penurunan stunting pada tahun 2025 serta usulan dari masyarakat terkait infrastruktur supaya dilakukan survey untuk ketepatan anggaran dan kemanfaatan program tersebut bagi masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi atas program yang dipaparkan oleh Pemerintah Desa melalui Kaur-Kasi dipandu oleh BPD dan Sekretaris Desa Sendang. Beberapa usulan program di bidang Penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Selanjutnya hasil diskusi disampaikan dalam bentuk presentasi oleh masing-masing perwakilan dari kelompok (dipaparkan sesuai dengan peringkat prioritas). Selanjutnya dilakukan penandatanganan Berita Acara Musrenbangdes oleh Ketua tim penyusun RPJMDes, Kades, BPD dan perwakilan peserta yang hadir di Musrenbangdes.

Acara terakhir adalah penutup oleh Ketua BPD Sendang Sumarso yang menyampaikan harapannya dari hasil Musrenbangdes ini dapat menjadi acuan dalam penyusunan RKPDes dan Anggaran Pendapatan & Belanja Desa (APBDes) 2 tahun mendatang. (ppid-ag)