Paparan Realisasi APB Desa Semester Pertama se-Kecamatan Wonogiri

  • Oct 09, 2024
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Rabu (09/10/2024) Pemerintah Kecamatan Wonogiri menggelar rakor paparan realisasi anggaran desa s/d September 2024. Rakor paparan bertempat di Balai Desa Sendang & dihadiri Camat Wonogiri Fredy Sasono, Kasi Tata Pemerintahan Theresia Sri Sundari Wodowati, Kasi Pembangunan & Pemberdayaan Masyarakat Dwi Sabdadiarti, TA PMD Hadir, PD-PLD, PLKB, Pendamping PKH, Kades, Kaur-Kasi Desa se-Kecamatan Wonogiri.

Camat Wonogiri, Fredy Sasono dalam sambutannya menyampaikan bahwa paparan realisasi atau penyerapan anggaran desa sudah menjadi agenda rutin Kecamatan Wonogiri. “Saat penyusunan anggaran kami juga menggelar paparan dan diikuti oleh Kades/Lurah, PD-PLD dengan tujuan agar semua kegiatan sesuai regulasi & perencanaan yang matang. Hari ini kita laksanakan paparan penyerapan sebagai bentuk monitoring kecamatan terhadap pelaksanaan anggaran di desa. Ini sudah paparan yang keempat,” tandasnya.

Sementara itu, TA (Tenaga Ahli) Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, Hadir, saat mengikuti paparan desa sejak awal mengatakan bahwa ia mengapresiasi kegiatan rakor paparan anggaran desa di Kecamatan Wonogiri. “Dengan paparan seperti ini, Kecamatan, PD-PLD dapat memantau sejauh mana realisasi anggaran & kegiatan. Apalagi paparan harus disertai foto progres kegiatan,” imbuhnya.

Paparan realisasi anggaran dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.30 WIB, diikuti 9 desa yaitu Sendang, Pokoh Kidul, Bulusulur, Wonoharjo, Wonokerto, Manjung, Purwosari, Sonoharjo, dan Purworejo. Kali ini petugas paparan diambil dari Kaur-Kasi dari masing-masing desa.

Tiap desa harus mengirimkan soft file dan print out kepada Tim Kecamatan untuk dievaluasi saat pemaparan. Ini sangat memberikan manfaat kepada desa agar ada saran masukan pada pelaksanaan anggaran di tiap desa dapat berjalan sesuai regulasi.

Sementara itu, Sekdes Sendang, Agung Susanto mengatakan ia sangat setuju dengan kegiatan tersebut. “Kami sangat membutuhkan bantuan dan bimbingan dari Tim Kecamatan, PD-PLD supaya kegiatan sesuai regulasi, tepat sasaran, tepat waktu dan tepat mutu,” pungkasnya. (ag).