Turnamen Pencak Silat Raden Mas Said Wonogiri Cup I

  • Mar 01, 2018
  • sendang-wonogiri

sendang-wonogiri.desa.id, WONOGIRI – Kamis, 1/3/108 Sebanyak 397 atlet dari 80 kontingen di Kabupaten Wonogiri ikut meramaikan Kejuaraan Pencak Silat Raden Mas Said Cup ke 1. Kejuaraan yang diikuti 17 Perguruan dan 88 Sekolah Tingkat Dasar hingga Sekolah Menengah Atas se Kabupaten Wonogiri ini di buka pada hari Rabu kemarin, (28/02/2018) di GOR Giri Mandala, Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri yang dibuka secara resmi oleh Ketua IPSI Wonogiri, Bapak Suprapto yang juga mantan Sekda Wonogiri. Dan sebagai Ketua Penyelenggara turnamen kali ini dipercayakan kepada Bapak Guruh Santosa, Kepala Disperindag-UMKM Wonogiri. Rencananya turnamen ini akan berlangsung hingga tanggal 3 Maret 2018.

[caption id="attachment_1126" align="aligncenter" width="656"]Pencak silat Pembukaan Turnamen Pencak Silat Raden Mas Said Cup I, Wonogiri (foto sendang-wonogiri.desa.id)[/caption]

Ketua Bidang Teknik dalam penyelenggaraan turnamen Pencak Silat Raden Mas Said Cup I ini, Eko Budi Santoso, yang berhasil ditemui reporter sendang-wonogiri.id, mengatakan, “Turnamen ini kami selenggarakan dengan dana swadaya, dan merupakan agenda resmi IPSI Kabupaten Wonogiri, selanjutnya hasil seleksi ini, untuk usia SMP/SMA akan dikirim di kejuaraan tingkat Karesidenan Surakarta tanggal 12-15 Maret 2018, adapun usia SD akan kami kirim ke Tingkat Provinsi Jateng tanggal 9-12 April 2018 mendatang,” tandasnya. Eko mengharapkan ke depan dukungan pemerintah, sponsor dan masyarakat pemerhati olahraga dan seni pencak silat ini lebih besar, sehingga nantinya akan muncul pesilat-pesilat yang tangguh dari Kabupaten Wonogiri yang bisa mengharumkan nama baik Kabupaten Wonogiri di tingkat Daerah, tingkat Nasional dan juga tingkat Internasional.

[caption id="attachment_1132" align="aligncenter" width="737"]Pencak silat Persinas ASAD, salah satu kontingen Turnamen Pencak Silat Raden Mas Said Wonogiri Cup I[/caption]

Musa, salah satu pelatih dari Perguruan Persinas ASAD Wonogiri mengatakan, “ 35 atlit binaan kami dari Persinas ASAD juga mengikuti turnamen ini dengan mewakili sekolahnya masing-masing, alhamdulillah mereka dibiayai oleh sekolahnya,”.

[caption id="attachment_1127" align="aligncenter" width="714"]Digital Scoring AIS (Asad Information System) Digital Scoring Turnamen Pencak Silat Raden Mas Said Cup I (foto sendang-wonogiri.desa.id)[/caption]

“ Turnamen ini diikuti peserta sebanyak 64 atlit putra & putri usia SD, 157 atlit putra-putri usia SMP dan 176 atlit putra-putri usia SMA, kami sudah menggunakan penilaian dengan AIS (Asad Information System) Digital Scoring atau penilaian secara digital, alat ini ciptaan kami sendiri dan di uji cobakan dalam turnamen ini, mudah-mudahan kedepan lebih sempurna lagi,” ungkap Weda Hendra Giri, S.pd salah satu panitia.

[caption id="attachment_1128" align="aligncenter" width="688"] Dewan Juri Turnamen Pencak Silat Raden Mas Said Cup I, Wonogiri (foto sendang-wonogiri.desa.id)[/caption]   [caption id="attachment_1129" align="aligncenter" width="690"]Raden Mas Said Cup I Arena Turnamen Pencak Silat Raden Mas Said Cup I, Wonogiri (foto sendang-wonogiri.desa.id)[/caption] Kegiatan turnamen seperti ini amat dibutuhkan mengingat Kabupaten Wonogiri kaya akan bibit-bibit atlit muda yang ada di pelosok-pelosok desa maupun di kota dengan banyaknya perguruan-perguruan silat yang tumbuh dengan eksis dan sebagai salah satu upaya melestarikan salah satu seni budaya luhur warisan nenek moyang Bangsa Indonesia. (ag2)