Sosialisasi P3PD di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah

  • Mar 27, 2024
  • Agung Susanto

Wonogiri, sendang-wonogiri.desa.id │ Sosialisasi P3PD Di Kabupaten Wonogiri dilaksanakan di Ruang Gunung Gandul Setda Kabupaten Wonogiri pada Selasa 26 Maret 2024. Tenaga Ahli Regional Management Consultant (RMC) Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Jawa Tengah mengadakan kunjungan ke Kabupaten Wonogiri dalam rangka Sosialisasi Persiapan Implementasi P3PD Tahun 2024. Dalam kunjungan ini, TA RMC diwakili oleh Dade Saripudin (Training Specialist) & Slamet Suseno (Village Financial Management Specialist). Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Wonogiri, Dinas PMD, Bappeda, Inspektorat, BPKD, Camat Wonogiri, Kepala Desa Sendang, Diskominfo bertujuan untuk mensosialisasikan Program P3PD kepada OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Wonogiri dan menginisiasi pembentukan Tim Pelaksana P3PD di Kabupaten Wonogiri.

Sosialisasi P3PD dibuka langsung oleh Djoko Purwidyatmo selaku Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri dan dilanjutkan dengan pemaparan P3PD oleh TA RMC P3PD Jawa Tengah. Dalam sosialisasi ini disusun rancangan berita acara sebagai rencana tindaklanjut paska sosialisasi P3PD yang berisi 3 poin, yakni:

  1. Membentuk Tim Pelaksana Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Tingkat Kabupaten Wonogiri;
  2. Mengalokasikan Anggaran dan/atau Sharing Program/Kegiatan untuk mendukung Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Tingkat Kabupaten;
  3. Menyampaikan 1 orang pejabat yang ditunjuk sebagai Pengelola kegiatan atau Person In Charge (PIC) kegiatan koordinasi implementasi P3PD.

Sehari sebelumnya, TA RMC P3PD Jawa Tengah, Dade Saripudin & Slamet Suseno mengunjungi Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri untuk melakukan monitoring terkait perencanaan APBDesa & penggunaan berbagai aplikasi yang menunjang pelaksanaan pemerintahan desa seperti Siskeudes, Epdeskel, Prodeskel, Sipades, IDM, Web desa. Dan sejauh ini perangkat Desa Sendang telah menerapkan semua aplikasi tersebut di roda pemerintahan desanya. (ag-ppid)