Tim Pengelola SID Sendang jadi Narasumber Pelatihan Pengelolaan Website Desa Krandegan

  • Nov 27, 2023
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Pemerintah Desa Krandegan, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Webiste Desa sebagai bagian dari Sistem Informasi Desa, Kamis (23/11/2023). Pelatihan yang diikuti 15 peserta yang terdiri dari perangkat desa, karang taruna, kader KPMD, duta digital desa tersebut bertempat di Balai Desa Krandegan.

Pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Desa Krandegan, Titik Ismulyanti, dan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Ketua Tim Pengelola SID Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Agung Susanto dengan tema "Dengan SID, desa makin terbuka, masyarakat sejahtera”.

Dalam sambutannya, Titik mengatakan bahwa Desa Krandegan memiliki banyak prestasi baik tingkat kabupaten maupun nasional, namun belum begitu banyak dikenal karena kurangnya publikasi melalui media sosial desa. Untuk itu Pemdes Krandegan mengadakan pelatihan pengelolaan SID sebagai bagian dari program Desa Cerdas untuk menginformasikan kepada publik terkait banyaknya potensi Desa Krandegan. “Kami punya prestasi tingkat nasional dalam pengelolaan sampah yang sudah terintegrasi dengan desa-desa terdekat. Ini menjadi potensi yang besar bagi Desa Krandegan,” jelasnya.

Sementara itu, narasumber sekaligus Ketua Pengelola SID Desa Sendang, Agung Susanto mengharapkan agar seluruh operator SID Desa Krandegan yang terdiri dari perangkat desa, karang taruna dan kader digital dapat terus konsisten dalam melaksanakan tugasnya terkait dengan update data terutama di webiste desa. “Saat ini kita tidak bisa terhindar atau menghindari digitalisasi, dan webiste desa sebagai portal desa minimal harus berisi 3 hal. Yaitu berita desa, pelayanan desa dan regulasi desa,” tandas Agung.

Agung juga menyampaikan materi terkait pengenalan menu dalam aplikasi web desa, cara input data dan cara penulisan berita dalam website desa. “Kuncinya adalah konsisten dalam pengelolaan,” pungkasnya. (sid-ag)