Sendang terima kunjungan Tim Verifikasi dan Validasi Lapangan Lomba Hari Habitat Tahun 2024

  • Jan 18, 2024
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id - Tim Juri Lomba Hari Habitat Tahun 2024 tiba di Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri untuk melaksanakan kegiatan Verifikasi dan Validasi Lapangan karena masuk dalam nominasi 6 besar proposal dengan nilai tertinggi. Kabupaten Wonogiri mendapat kesempatan kunjungan pada hari Rabu, 17 Januari 2024. Tim Juri yang dipimpin Prof. Dr. Sunarti, S.T., M.T, didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Wonogiri, Purwadi diterima langsung Kepala Desa Sendang Sukamto Priyowiyoto beserta Ketua BPD Sumarso & Ketua LPM Bambang Tri Warsito.

Kunjungan lapangan di Desa Sendang diawali dengan mengunjungi sumber mata air “Sumurup” yang berada di Dusun Nglegong.  Kondisi geografis Dusun Nglegong berbukit-bukit batu sehingga memerlukan tenaga extra untuk berjalan kaki mencapai sumber mata air. Tim juri dengan teliti memeriksa sistem pengelolaan sumber air, dari tempat penampungan di mata air  hingga distribusi ke rumah tangga. Mereka juga berinteraksi dengan warga setempat yang terlibat aktif dalam pengelolaan sumber air ini. Para juri dengan seksama mendengarkan cerita dan pengalaman mereka, mencari data tentang bagaimana awal mengelola sumber air di RT 01 RW 05 dan RT 02 RW 05. Sumber mata air ini memiliki debit air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Dusun Nglegong namun belum dikelola dengan baik, belum ada hidrant air & tampungan air yang memadai.

Setelah itu tim juri melakukan kunjungan pada lokasi ke-2 yaitu pengelolaan sampah di camping ground Dusun Sendang Desa Sendang, dimana lokasi tersebut merupakan lokasi TPS (Tempat Penampungan Sampah) Sementara sampah-sampah yang dikumpulkan dari sampah rumah tangga. Tim juri melakukan survei lapangan untuk melihat potensi dan pengaruh pembangunan rumah TPS yang telah di gagas oleh Pemerintah Desa Sendang dan komitmen dalam penanganan sampah di Desa Sendang.

Lomba Hari Habitat Tahun 2024 ini mengusung tema "Peningkatan Kualitas Permukiman yang Berkelanjutan dalam Upaya Mendukung Ekonomi Perkotaan yang Tangguh". (ag)