Santri Ponpes Al Barru Wonogiri Gelar Upacara Kemerdekaan RI ke-78

  • Aug 17, 2023
  • Agung Susanto

Wonogiri_sendang-wonogiri.desa.id - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, Pondok Pesantren Al Barru dan SMP SMA Bina Insani Wonogiri menggelar upacara bendera, Kamis 17 Agustus 2023 di halaman Ponpes Al Barru, Bulusulur, Wonogiri.

Tentunya upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia itu bertujuan untuk mengingatkan jasa-jasa dan pengorbanan para pahlawan pada masa penjajahan hingga Kemerdekaan Republik Indonesia. Prosesi upacara ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari santri, siswa/siswi, dan dewan guru, ustadz/ustadzah dan warga dilingkungan Pondok Pesantren.

Dalam kesempatan itu, Weda Hendragiri, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Bina Insani dan juga salah satu pengasuh Pondok Pesantren Al Barru bertindak sebagai Pembina Upacara. Ia mengingatkan betapa besarnya jasa para pahlawan dalam meraih Kemerdekaan Indonesia. "78 tahun yang lalu Bung Karno memproklamirkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan pengorbanan dan perjuangan para pahlawan," tegasnya.

Oleh karena itu mari kita sama-sama dalam momentum HUT RI yang ke 78 ini, kita meneladani pengorbanan dan perjuangan para pahlawan yang gugur di medan perang. "Karakter pejuang harus benar-benar tertanam dalam sanubari santri," ujar Ketua IPSI Wonogiri ini.

Selain menggelar upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, Pondok Pesantren Al Barru dan SMP SMA Bina Insani juga mengadakan berbagai perlombaan bagi santri dan tenaga pendidik guna memeriahkan serta  mengingat kembali jasa dan pengorbanan para pahlawan. (Lines-Wng)