Sambut ramadhan, warga gotong-royong mengecat masjid al muttaqin

  • May 17, 2018
  • sendang-wonogiri

WONOGIRI – sendang-wonogiri.desa.id │ Menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah Kamis 17 Mei 2018 besok, ada saja hal unik yang dilakukan masyarakat, umat Islam khususnya. Seperti yang terjadi di Dusun Godean, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri pada Senin 14 Mei 2018.

[caption id="attachment_2170" align="aligncenter" width="300"]mengecat-masjid

Warga bergotong-royong mengecat masjid Al Muttaqin untuk menyambut bulan suci ramadhan 1439 H, Senin 14/5/2018 (Dokumen desa.id - foto : Masdar)

[/caption]

Sekitar 16 orang warga masyarakat melakukan pengecatan di Masjid Al Muttaqin yang terletak di belakang balai Desa Sendang, hanya dalam waktu 4 jam. Mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua berjibaku mengecat masjid yang berubah dari warna putih ke warna hijau dengan penuh semangat. Pengecatan itu mulai dilakukan pada pukul 19.30 WIB sehabis sholat isya hingga pukul 23.30 WIB.

[caption id="attachment_2171" align="aligncenter" width="300"]remaja-masjid

Para remaja juga bersemangat mengecat masjid Al Muttaqin untuk menyambut bulan suci ramadhan 1439 H, Senin 14/5/2018 (Dokumen desa.id - foto : Masdar)

[/caption]

Kegiatan pengecatan sengaja dilakukan pada malam hari saat warga sudah tidak mempunyai aktivitas pekerjaan. Sehingga warga dapat berkumpul dan melaksanakan mengecat masjid secara gotong-royong. Pengecatan dilakukan didalam dan luar dinding tembok masjid yang memiliki luas 8 x 8 meter dengan tinggi bangunan 6 meter. Adapun bahan cat merupakan hasil amal jariyah para warga yang dengan sadar dan ikhlas menyumbangkan sebagian hartanya untuk melengkapi sarana dan prasarana masjid. Bukan hanya berupa bahan cat namun ada yang menyumbang berupa karpet, kipas angin dan lain-lain.

"Kegiatan pengecatan ini sudah biasa kami lakukan menjelang datangnya bulan suci ramadhan. Dan dengan semangat kerukunan, kekompakan dan kebersamaan membawa kami bisa mewujudkan pengecatan ulang ini," jelas Agung Susanto, sebagai salah seorang pengurus Masjid Al Muttaqin, dihubungi reporter sendang-wonogiri.desa.id Rabu (16/5/2018).

[caption id="attachment_2172" align="aligncenter" width="300"]mengecat-masjid

Warga bergotong-royong mengecat masjid Al Muttaqin untuk menyambut bulan suci ramadhan 1439 H, Senin 14/5/2018 (Dokumen desa.id - foto : Masdar)

[/caption]

Salah satu pemuda yang ikut bergotong-royong mengecat masjid tersebut, Reza mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memperindah masjid dan menciptakan rasa nyaman saat digunakan sholat berjama’ah dan pengajian selama bulan ramadhan. Masjid Al Muttaqin menggelar acara tadarusan bacaan Al Qur’an secara rutin setiap malam sehabis sholat tarawih, ditargetkan hatam satu kali selama bulan ramadhan. Warga masyarakat yang mengikuti sholat tarawih dan tadarusan di masjid Al Muttaqin biasanya tidak terbatas dari warga Dusun Godean, namun dari berbagai dusun di Desa Sendang karena selain tadarusan juga diadakan pendalaman arti atau makna dari ayat-ayat Al Qur’an oleh para ustadz-ustadzah di masjid ini. (admin)