Sendang gelar Bimtek Penggunaan TTE dan Aplikasi Srikandi

  • May 07, 2024
  • Agung Susanto

Wonogiri, sendang-wonogiri.desa.id - Pelatihan Tanda Tangan Elektronik (TTE) secara mandiri disertai aktivasi akun di aplikasi Srikandi bagi Kepala Desa & perangkat desa Sendang pada Rabu (10/4/2024) di ruang PKK Desa Sendang merupakan bukti keseriusan dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Kegiatan yang merupakan tindaklanjut dari permohonan Pemerintah Desa Sendang ke Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri & Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonogiri diawali dengan sambutan Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto terkait upaya digitalisasi administrasi pemerintahan desa.

Pada kegiatan pelatihan penerapan aplikasi Srikandi & TTE (Tanda Tangan Elektronik) ini diundang sebagai narasumber dari Dinas

Selanjutnya Narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri, Tarjo yang menyampaikan tentang arti penting TTE yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012.

Ia menegaskan apabila sistem surat menyurat berbasis aplikasi disertai TTE diterapkan akan menghemat anggaran karena berbasis paperless (tanpa kertas) selain menghemat waktu.

“Secara legalitas dan keamanan tidak perlu diragukan karena telah bekerjasama dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) yang merupakan unit pelaksana teknis dari Badan Siber dan Sandi Nasional,” tambah Parjo.

Pada kesempatan itu, Narasumber dari Kominfo Kabupaten Wonogiri, Tri Haryadi, mengungkapkan aktivasi TTE bagi Kepala Desa & perangkat Desa Sendang sudah dilakukan dengan harapan peserta pada pelatihan hari ini bisa menerapkan sesuai dengan tupoksinya.

“Kami telah membuatkan user dan password TTE hasil kerjasama Dinas Kominfo & Dinas Kearsipan Kabupaten Wonogiri yang ditindaklanjuti dengan aktivasi secara bertahap”, ungkap Dewi Triliyanti.

Sementara itu Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto mengatakan bahwa desanya mengawali penerapan TTE. "Kami mengajukan permohonan TTE ke Dinas Kominfo serta Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonogiri beberapa lalu dan ditindaklanjuti dengan cepat. Hari ini kami sudah mendapatkan pelatihan dengan mengundang narasumber dari kedua dinas tersebut, semoga pelayanan desa semakin cepat & mudah," pungkasnya. (ag)