Sendang Terima 300 Juta Hadiah Lomba Habitat 2024

  • May 14, 2024
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id - Setelah mendapat juara ketiga Lomba Habitat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 yang diadakan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Provinsi Jawa Tengah, Desa Sendang yang mewakili Kabupaten Wonogiri berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp. 300 juta yang diberikan dalam bentuk kegiatan infrastruktur untuk penataan kawasan.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada Rabu (08/05/2024) dilaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Lomba Habitat Tahun 2024 di Ruang PKK Desa Sendang. Hadir dalam sosialisasi dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi Jawa Tengah, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Wonogiri, Kepala Desa Sendang dan Perangkat Desa, Pihak Ketiga sebagai Pelaksana Kegiatan dan Tokoh Masyarakat sekitar wilayah pelaksanaan.

Kepala Desa Sendang Sukamto Priyowiyoto, S.H. sekaligus sebagai moderator dalam acara sosialisasi ini mengatakan bahwa Lomba Habitat Tahun 2024 merupakan tindak-lanjut dari Program Kotaku yang pernah diterima Desa Sendang tahun 2020. Oleh karenanya hadiah dalam bentuk infrastruktur kali ini juga diprioritaskan untuk menunjang program kotaku yang salah satunya pengadaan sarana air bersih. “Oleh karenanya kegiatan kali ini kita laksanakan di RT 01 RW 05, lokasi dimana sumber mata air berada,” demikian disampaikan Kepala Desa Sendang.

Lebih lanjut Sukamto mengatakan bahwa ada 2 (dua) jenis kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu : Pembangunan Bak Sumber Mata Air Bersih, Pembuatan Tandon Air Penampung Air di Dusun Nglegong.

Sementara itu, Dini dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Jawa Tengah menyampaikan terima kasih atas sinergi bersama sehingga bisa terlaksana kegiatan ini. "Mohon ijin dan bantuan semua pihak di Desa Sendang agar kegiatan pelaksanaan pembangunan sarpras air minum sebagai hadiah Lomba Habitat Jawa Tengah 2024 dapat terealisasi sesuai rencana karena dalam waktu dekat kegiatan akan dilaksanakan oleh pihak ketiga yang sudah ditunjuk," ungkapnya.

Selanjutnya dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Wonogiri, Bowo Dwi Hartono  berharap kegiatan yang akan dilaksanakan ini bisa memberdayakan masyarakat sekitar dan mengurangi kawasan kumuh di Desa Sendang. (ag)