Ratusan Jamaah Haji Sehat, Berangkat ke Arab Minggu

  • Jun 13, 2023
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id-- Ratusan jamaah haji asal Wonogiri berangkat ke Arab Saudi Minggu (11/6). Ratusan jamaah haji asal Wonogiri dipastikan bisa berangkat.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri Anif Solikhin mengatakan ada 457 jamaah haji asal Wonogiri yang sudah tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali pada Sabtu (10/6). Itu termasuk tiga petugas haji daerah.

"Mereka tergabung di kloter 59 dan 60," ujar Anif Minggu.

Diketahui, terdapat tiga bus rombongan haji asal Kota Sukses yang diberangkatkan dan masuk di kloter 59. Sementara itu, ada sembilan bus yang masuk di kloter 60. Jamaah haji diberangkatkan dari halaman rumah dinas Bupati Wonogiri pada Sabtu lalu.

Setiba di AHD Boyolali, para jamaah haji juga diperiksa. Mulai dari paspor, gelang hingga kesehatannya. Semuanya sehat dalam pemeriksaan kesehatan dan bisa berangkat menunaikan ibadah haji.

"Penerbangan ke Jeddah, untuk kloter 59 Minggu sekitar pukul 17.35. Kalau yang kloter 60 sekitar pukul 22.10," terang Anif.

Menurut Anif, semua jamaah asal Kota Sukses sudah mendapatkan bimbingan haji. Dengan begitu, bisa dikatakan semuanya siap menjalankan ibadah haji. Sementara itu, dijadwalkan jamaah asal Wonogiri pulang ke tanah air dan tiba di debarkasi pada 23 Juli mendatang.

"Yang jelas, sudah sampai di AHD pada Sabtu dan Minggu berangkat. Perjalanan ke embarkasi juga lancar," kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri Setyo Sukarno juga meminta para jamaah haji asal Kota Sukses bisa mentaati ketentuan yang ada saat menjalankan ibadah di Tanah Suci. Selain itu, mereka juga diminta untuk menjaga nama baik Wonogiri dan Indonesia.

"Kita minta untuk menjaga kesehatan juga, agar bisa lancar menjalankan ibadah di Tanah Suci. Juga supaya mengikuti petunjuk dari petugas haji juga," kata Setyo Sukarno.

Wabup juga mendoakan jamaah haji bisa menjadi haji mabrur. Dan juga, bisa kembali ke Wonogiri dalam keadaan sehat.