Puskesmas Wonogiri II gelar Sosialisasi HIV AIDS bagi Remaja Desa Sendang

  • Jul 17, 2024
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │Perkembangan jaman yang begitu pesat membawa berbagai macam dampak bagi kondisi bangsa Indonesia. Arus budaya barat yang masuk ke negeri ini mau tidak mau menimbulkan efek yang signifikan bagi perkembangan budaya dan pola hidup bangsa Indonesia. Ada yang membawa pengaruh baik tetapi ada juga yang berpengaruh buruk terutama bagi generasi muda. Pergaulan bebas, seks pra nikah, alkohol, rokok, narkoba adalah contoh pengaruh buruk dari budaya barat.

Generasi muda khususnya remaja merupakan generasi penerus yang kelak akan menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Para remaja ini harusnya dipersiapkan sejak dini agar nantinya mereka benar-benar siap dan mampu memimpin negeri ini. Kesiapan tidak hanya secara fisik tapi juga mental. Secara fisik, para remaja sejak dini harusnya sudah menerapkan pola hidup sehat, seperti olah raga teratur, tidak merokok, tidak minum alkohol dan narkoba serta menjauhi pergaulan bebas yang bisa menjerumuskan pada seks bebas. Sedangkan secara mental, mereka perlu dibekali berbagai ilmu dan pengetahuan baik tentang keagamaan maupun tentang ilmu pengetahuan di bidang kesehatan.

Generasi muda khususnya para remaja adalah kelompok yang paling rawan terkena pengaruh buruk budaya barat. Hal inilah yang melatar belakangi Puskemas Wonogiri II melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada para remaja di wilayah kerjanya. Pada hari Senin (16/7/2024) pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIB, berlokasi di Balai Desa Sendang, telah dilakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang HIV – AIDS, Bahaya Rokok dan Napza bagi remaja se-Desa Sendang. Dengan narasumber Bagus, SKM, MM & Endang Puji Astuti, SKM, MM. dari UPTD Puskesmas Wonogiri II. Acara yang berlangsung selama 2 jam ini diisi dengan pemberian materi tentang HIV, Rokok dan Narkoba dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Para peserta yang sebagian besar adalah remaja Desa Sendang ini begitu antusias dengan materi yang diberikan. Dikarenakan banyak dari mereka baru pertama kali mendapat materi seperti ini. Mereka berharap akan ada pertemuan – pertemuan berikutnya dari Puskesmas dengan materi dan ilmu yang berbeda. Tim dari Puskesmas Wonogiri II pun sangat mengapresiasi para remaja yang mengikuti kegiatan ini mulai awal hingga akhir acara. Dan berharap sosialisasi ini dapat diterima dan ilmunya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tujuan dari kegiatan ini yaitu terwujudnya pola hidup sehat bagi masyarakat Desa Sendang akan benar-benar tercapai. (ag-admin)