Bimtek Siskeudes dan Perencanaan Desa se-Kecamatan Wonogiri Tahun 2024

  • Aug 29, 2024
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Kamis (29/8/2024) Pendamping Desa (PD) dan PLD (Pendamping Lokal Desa) Kecamatan Wonogiri menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Siskeudes (Sistim Keuangan Desa) dan Perencanaan Desa di pendopo Balai Desa Wonoharjo, Kecamatan Wonogiri. Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Wonogiri Fredy Sassono, Kasi Tapem Theresia Sri Sundari Widowati, Kasi PPM Dwi Sabdadiarti, PD Jessi Natalia serta PLD Puijono dan Purwanto.

Selain itu, bimtek ini diwajibkan bagi 9 desa yang terdiri dari unsur kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa dan kaur perencanaan se-Kecamatan Wonogiri. Menurut Jessi selaku pendamping desa (PD) Kecamatan Wonogiri menyampaikan maksud diselenggarakan bimtek adalah evaluasi penerapan siskeudes dan sinkronisasi persiapan penyusunan RPJMDes perubahan bagi desa-desa di Kecamatan Wonogiri.

Dalam kesempatan itu Camat Wonogiri, Fredy Sasono menyampaikan hasil evaluasi monitoring tim kecamatan di semua desa di Kecamatan Wonogiri. Ia berharap dengan semakin bertambahnya tugas desa dalam mengelola dana yang diberikan oleh pemerintah baik yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten, para penyelenggara teknis kegiatan di desa semakin menyadari dan mau belajar serta meningkatkan kapasitasnya terhadap beban tugasnya masing - masing sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Pada akhir rapat, Sekcam Wonogiri, Sri Sundoro menyampaikan, desa harus menyusun RKA & DPA untuk pembagian kinerja dan supaya diinput di siskeudes. Ia menambahkan untuk desa-desa yang akan menyalurkan bantuan sosial seperti RTLH supaya dibuatkan SK Kepala Desa dan sudah disepakati dalam musdes saat perencanaan penyusuan APBDes.

“Semua surat-menyurat juga supaya diarsipkan, walaupun sekarang ini sudah ada media yang membuat semakin cepat informasi datang ke tingkat desa, contohnya lewat pesan whatsapp maka supaya surat tersebut tetap diprint out sebagai bukti data dukung SPJ,” pungkas Sri Sundoro saat menutup rakor di pendopo balai Desa Wonoharjo. (ppid_ag)