Puskesmas Wonogiri 2 Sosialisasi STBM dan Pembentukan KSM Bank Sampah di Sendang

  • Jul 03, 2024
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Jajaran Puskesmas Wonogiri 2, Kecamatan Wonogiri terus berupaya mengedukasi masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Karenanya, program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) menjadi salah satu program yang sangat penting. 

Memandang pentingnya STBM, Puskesmas Wonogiri 2 menggelar pertemuan sosialisasi dan advokasi program STBM kepada stakeholder tingkat desa, Selasa (2/7/2024). Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Sendang itu dibuka Kepala Desa Sendang Sukamto Priyowiyoto, S.H., dengan narasumber Kasi Kesra Kecamatan Wonogiri, Eko Suprihadi, S.Sos, MM dan Tim Puskesmas Wonogiri 2, Trisni Jumiarsih, AMKL, Endang Puji Astuti, SKM, MM., Lilis Susanti, AM.Keb serta Yessy Yuliana, AM.Keb

Dalam kesempatan tersebut, Trisni menjelaskan, STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. "STBM bertujuan mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya," ungkap Trisni.

Dikatakannya, tujuan kegiatan sosialisasi dan advokasi program STBM kepada stakeholder tingkat desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama agar mendapatkan dukungan dalam tahapan kegiatan STBM di desa lokus.

"Output yang diharapkan dari kegiatan sosialisasi STBM, adanya dukungan dari stakeholder tingkat desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam tahapan pelaksanaan STBM," kata dia.

Kemudian tambah Trisni didapat natural leader baik individu ataupun kelompok yang bisa memotori gerakan STBM di masyarakat. "Selanjutnya tersusun rencana kegiatan STBM di desa lokus yang di sepakati bersama," jelasnya.

Sementara itu, Kades Sendang Sukamto menjelaskan bahwa Desa Sendang saat ini merintis pengelolaan sampah dengan membangun TPS (Tempat Penampungan Sementara) di lokasi Camping Ground Dusun Sendang. Disamping itu juga telah dimulai pengelolaan Maggot di Green House Dusun Sokogunung. “Ini upaya riil kami dalam penanganan sampah di desa. Kami berharap semua stake holder mendukung program lingkungan ini,” imbuhnya.

Adapun peserta kegiatan diantaranya, perangkat desa, TP PKK desa, ketua RT-RW, kader kesehatan desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, pengurus BUMDes Sendang Pinilih.

Dalam kesempatan itu juga dibentuk KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Pengelola Bank Sampah Desa Sendang. Dipilih sebagai ketua Wijianto, sekretaris Ferdila dan bendahara Suriyawati. (*)