Penyuluhan dan Peningkatan Kapasitas Kader WPA Desa Sendang Tahun 2023

  • Nov 30, 2023
  • Agung Susanto

Wonogiri, sendang-wonogiri.desa.id – Kegiatan peningkatan kapasitas dan kualitas terhadap kader WPA Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri diharapkan dapat mendukung program dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dalam pencanangan 3 Zero sebagai upaya menekan kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Wonogiri. Hadir dalam kegiatan ini, Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto, Ketua & anggota BPD Sendang, Tomas, Toga, Ketua RT/RW serta bidan desa & kader PKK. Sebagai narasumber dari UPTD Puskesmas Wonogiri 2, Bagus Nurrakhmad & Diyah Ayu Riani.

Bagus menyebutkan bahwa Warga Peduli AIDS (WPA) adalah suatu gerakan di masyarakat yang siap, mampu dan mau dalam berpartisipasi melakukan pencegahan dan penanggulangan masalah – masalah penyakit medis yang ditimbulkan akibat perilaku masyarakat. ”Penyakit-penyakit medis tersebut diantaranya adalah Penyakit kelamin (Infeksi Menular Seksual/IMS – red), Hepatitis C, dan HIV-AIDS,” jelasnya.

“Sesuai target Kemenkes kita mendukung pencanangan 3 Zero, yaitu Zero New Infection atau tidak ada infeksi baru HIV AIDS, Zero AIDS Related Deaths atau tidak ada kematian akibat AIDS dan Zero Discrimination atau tidak ada stigma dan diskriminasi kepada penderita HIV-AIDS,” kata Bagus Nurrakhmad, Konselor HIV UPTD Puskesmas Wonogiri II, selaku pemateri dalam kegiatan bertajuk ‘Peningkatan Kualitas Kader WPA Desa Sendang’ yang berlangsung di Balai Desa Sendang, Rabu, 29 November 2023.

Masih kata Bagus, melihat kondisi Desa Sendang sebagai desa wisata & perkembangan dunia digital yang cukup pesat, dirinya menginstruksikan kepada kader HIV atau biasa disebut dengan Warga Peduli Aids (WPA), agar senantiasa tetap bisa menjalankan perannya untuk mensosialisasikan tentang HIV-AIDS terhadap masyarakat terutama pada generasi muda. Meski sekalipun tindakan itu terbatas di lingkungan RT.

Sementara itu, Dyah Ayu Riani selaku narasumber mengatakan, agenda ini merupakan kepedulian Pemerintah Desa Sendang terhadap teman-teman kader WPA dalam memfasilitasi mereka sebagai upaya peningkatan kualitas serta kapasitas peran WPA di tengah masyarakat.

Menurut Diyah, melalui pembekalan yang diinisiasi Pemdes Sendang yang menghadirkan Tim dari UPTD Puskesmas Wonogiri II, diharapkan para kader WPA semakin cakap dalam menjalankan kinerjanya sebagai salah satu kader atau garda depan kesehatan di wilayah Kecamatan Wonogiri.

“Apalagi, saat ini tren penderita HIV di Wonogiri mengalami kenaikan. Tentu saja, pembekalan dinilai penting agar para kader WPA ini tahu untuk menjalankan tugasnya di tengah situasi saat ini,” sebut dia.

Diketahui, dalam acara ini sekaligus dilaksanakan pembentukan pengurus baru Kader WPA Desa Sendang. (ppid-ag)