Pemkab Kendal Studi Komparasi Pelayanan Online di Desa Sendang

  • Mar 08, 2024
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id - Kamis, (7/3/2024) Pemerintah Kabupaten Kendal berkunjung ke Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri untuk melakukan studi komparasi terkait Pelayanan Online. Tim Studi Komparasi Pemkab Kendal terdiri dari Sekretaris Daerah, Ir. Sugiono, MT, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Suharjo, S.Sos, MH, Kepala Dispendukcapil Ratna Mustikaningsih, S.E., MM, Kepala Dispermasdes Yanuar Fatoni, S.STP, Kepala Bagian Pemerintahan Drs Sigit Sulistyo, MM dan Ketua Paguyuban Kepala Desa Kendal, Abdul Malik.

Tim diterima langsung oleh Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto, SH di ruang kerjanya. Dalam kesempatan itu, Sukamto menyampaikan bahwa Inovasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wonogiri tentang Loket Adminduk Online cukup membantu masyarakat desa. “Warga menghemat waktu dan biaya, karena mengurus administrasi kependudukan cukup dari kantor desa. Bahkan bisa dari rumah dengan menggunakan aplikasi Telunjuk Sakti,” jelasnya.

Ia berharap, desanya juga mendapatkan ilmu baru dari Kabupaten Kendal. Sejak awal aplikasi kependudukan online oleh Disdukcapil Wonogiri, Desa Sendang menjadi salah satu desa pilot project dalam penerapan aplikasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Wonogiri, Herdian menyampaikan, penyelenggaraan loket adminduk online didasarkan pada pemenuhan kebutuhan masyarakat atas pelayanan adminduk yang memadai dan terintegrasi.

”Terkait sosialisasi penerapan Loket Adminduk Online ini sudah dilakukan kepada masyarakat umum. Tim dari Disdukcapil Wonogiri sudah melakukan sosialisasi ke kecamatan dan desa. Pihaknya juga telah menginstruksikan seluruh operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di kecamatan, untuk melakukan pelayanan yang optimal,” pungkas Herdian saat mendampingi Tim Studi Komparasi dari Pemkab Kendal di Desa Sendang.

Di Desa Sendang juga telah dikeluarkan Surat Keputusan Kepala Desa tentang operator Layanan Loket Adminduk Online. (adm)