Pemdes Sendang gelar Pelatihan Vertical Rescue bagi relawan Destana

  • Dec 03, 2023
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Sabtu (2/12/2023), Pemerintah Desa Sendang menyelenggarakan pelatihan Vertical Rescue bagi Relawan Destana Sendang di Bukit Tileng, Dusun Bendorejo. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan didampingi oleh Kepala Desa Sendang Sukamto Priyowiyoto serta narasumber dari SAR Wonogiri yang telah memiliki sertifikasi dari Basarnas yakni Ridwan Markawadi dan Faris Kurniawan.

Vertical Rescue yaitu tindakan penyelamatan kepada korban yang berada di daerah tinggi seperti tebing, menara, gedung atau bangunan bertingkat. Termasuk menolong korban yang terperosok di sumur. Resiko yang tinggi bagi seorang vertical rescuer di medan seperti ini adalah terjatuh. Untuk itu diperlukan penguasaan skill dan keberanian untuk berada di daerah yang tinggi.

Kades Sendang, Sukamto menuturkan bahwa tujuan Pemdes Sendang melatih Vertical Rescue kepada para relawan Destana Sendang yaitu untuk membentuk relawan yang memiliki kepedulian, ketanggapan, dan keterampilan terhadap situasi bencana yang ada di wilayah masing-masing dusun. “Desa Sendang ini memiliki topografi pegunungan & banyak aktifitas warga yang berada di tebing curam seperti menambang batu, mencari rumput dll. Apalagi saat ini sedang tren meningkatnya penggemar olahraga yang mengakses ketinggian yakni paralayang di Sendang. Ini dibutuhkan relawan-relawan yang memiliki skill untuk menolong jika terjadi accident di ketinggian. Intinya relawan bisa beraktifitas menolong di ketinggian dengan aman,” terang Sukamto.

Kegiatan tersebut diawali dengan materi mengenai dasar tali-temali oleh Ridwan. Dasar tali-temali terdiri dari simpul hidup, simpul mati, simpul pangkal, simpul jangkar, simpul kambing, simpul 8, simpul kupu-kupu, dan simpul 8 ganda. Selain itu juga diberikan pengenalan peralatan yang diperlukan untuk Vertical Rescue yang terdiri dari helm, gloves, sepatu, jumar, harness, carabiner, rescue rope, ascender, pulley, hanger, ring hanger, kernmentel, figure of eight, dsb. Juga cara membuat seat hurnes dari webing.

Setelah mendapatkan teori, para relawan melakukan praktik ditemani dan diawasi oleh Ridwan & Faris dari SAR Wonogiri yang telah mendapatkan sertifikasi dari Basarnas.

Ridwan SAR Wonogiri menuturkan bahwa seorang Vertical Rescue diperlukan bakat dan pengetahuan dalam hal ini para rescuer haruslah terbiasa dengan ketinggian, kekompakan kerjasama tim dan memahami bagaimana merawat dan menggunakan peralatannya. Peralatan yang digunakan untuk Vertical Rescue perlu dilakukan pengecekan rutin baik sebelum, sesudah maupun dalam setiap penggunaannya.

Sementara itu, Bambang Tri Warsito & Purwanto, senior relawan Destana Sendang berharap kegiatan ini menjadi bekal bagi para relawan Destana Sendang untuk dapat melakukan evakuasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat didalam kehidupan sosial serta semoga dengan kegiatan ini, dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama dengan saling membantu dan merangkul dalam kegiatan kemanusiaan,” pungkas Bambang, Ketua Relawan Destana Sendang. (ppid-ag)