Pembangunan Talud Dusun Sokogunung

  • Feb 22, 2024
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id - Dalam rangka meminimalisir pengikisan tanah akibat air hujan serta melancarkan saluran air, maka Pemerintah Desa Sendang melakukan program Pembangunan Talud tebing pengaman jalan dan Drainase jalan. Program pembangunan tersebut berlokasi di wilayah Dusun Sokogunung RT 03 RW 02. Adapun sumber dan pembangunan tersebut berasal dari Silpa Dana Desa Tahun 2023. Pelaksanaan pembangunan tersebut dilaksanakan secara swakelola dan swadaya masyarakat, guna mencapai hasil yang maksimal. 

Pembangunan diawali dengan dilaksanakannya koordinasi awal antara pemerintah desa dengan warga Dusun Sokogunung, sebagai upaya transparansi mulai perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan talud tersebut. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto. Dalam sambutannya ia mengatakan agar masyarakat juga turut serta membantu dalam kelancaran pembangunan tersebut, selain itu masyarakat juga diharapkan menjaga hasil pembangunan. "Seandainya saluran air macet, mohon segera kerja bakti untuk mengatasi" ungkapnya.

Dalam pelaksanaan pengerjaan talud, Pujiono selaku Pendamping Lokal Desa selalu mendampingi sejak awal. Ia selalu memberi masukan kepada warga yang bekerja membangun talud untuk mengutamakan kekuatan bangunan & estetika. "Biar bangunannya awet & dilihat juga rapi, jangan asal membangun. Harus dengan perencanaan yang baik," tegasnya.

Sukamto berharap agar Dusun Sokogung semakin maju dalam segala hal, baik pembangunan fisik maupun sosial kemasyarakatan. Semuanya tidak luput dari peran serta masyarakat yang aktif dalam segala bentuk program dan kegiatan di wilayah Desa Sendang. "Dusun Sokogunung sebagai penyangga wisata Desa Sendang," pungkasnya. (Adm)