Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Linmas Desa Sendang Tahun 2023

  • Jul 06, 2023
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Rabu (7/6/2023) Pemerintah Desa Sendang menyelenggarakan kegiatan pelatihan & penguatan Linmas desa di Gedung Balai Desa Sendang. Hadir sebagai narasumber Sri Mulyani anggota Satbinmas Polres Wonogiri, Rahmat Imam Santoso Kepala Kesbangpol Wonogiri serta Fredy Sasono Camat Wonogiri.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB dan diikuti 30 anggota Linmas Desa Sendang.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto menekankan pentingnya menciptakan wilayah yang kondusif & nyaman dalam segala situasi & kondisi di wilayah masing-masing dusun.

“Tujuan diadakannya pelatihan ini untuk memberikan ilmu tentang pengamanan & pertahanan di wilayah. Linmas tanggap & sigap dalam menangani masalah kamtibmas di wilayahnya, terutama menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024 diharapkan situasi & kondisi desa tetap aman & kondusif,” tutur Sukamto.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Wonogiri, Rahmat Imam Santoso menyampaikan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban, dan Keamanan. Pada pasal 1 butir 1 disebutkan bahwa Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Ia menambahkan, “Sebagai seorang Linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi wilayahnya agar selalu aman dan nyaman dan membantu bhabinkhamtibmas dan babinsa dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban di wilayah, saling bersinergi antara masyrakat sipil dengan POLRI dan TNI. Karena kenyamanan dan ketertiban merupakan kunci utama dalam bermasyarakat agar tidak menimpulkan perselisihan dan konflik satu sama yang lainnya”

Selain sosialisasi mengenai perlindungan dan ketertiban, peserta juga mendapatkan ilmu pelatihan dasar PBB dari anggota Satbinmas Polres Wonogiri.

Sri Mulyani selaku narasumber dari Satbinmas Polres Wonogiri memberikan materi terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah masing-masing. Selain sosialisasi mengenai perlindungan dan ketertiban, peserta juga mendapatkan ilmu pelatihan dasar PBB dan simulasi melumpuhkan pelaku kejahatan

“Gerakan PBB merupakan suatu gerakan yang dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab. Selain itu Gerakan PBB menumbuhkan rasa disiplin itu mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi dan rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya, tetapi menguntungkan tugas dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan. Maka sikap tersebut di perlukan oleh seorang Linmas” pungkas Sri Mulyani.