Maret, BLT DD 2024 Cair 3 Bulan

  • Mar 08, 2024
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id - Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) Tahun 2024 untuk KPM di Desa Sendang dicairkan hari ini, Jumat (8/3). Demikian disampaikan Kepala Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Sukamto Priyowiyoto saat memberikan sambutan pada penyaluran BLT DD Bulan Januari s/d Maret 2024 di Balai Desa Sendang.

Pria yang akrab disapa Mas Kamto ini menjelaskan bahwa saat ini semua desa telah menerima dana desa untuk penyaluran Bulan Januari s/d Maret 2024. “Per 6 Februari 2024, semua desa telah menerima Dana Desa untuk penyaluran BLT 3 Bulan. Kemudian untuk penyalurannya kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) ini tergantung jadwal masing-masing desa, untuk Desa Sendang dilaksanakan pada HarI Jumat (8/3),” katanya.

Sukamto menambahkan, pencairan dana BLT DD yang sudah terjadwal akan memudahkan proses monitoring dan pelaporan.

“Bagi kami, hal ini tentunya memudahkan proses monitoring dan pelaporan. Tahun 2024 ini di desa kami ada 16 KPM, turun dibanding tahun sebelumnya sebanyak 25 KPM,” terangnya.

Jumlah KPM memang berubah dari tahun 2023 ke tahun 2024 ini, karena ada yang meninggal dan tidak memiliki ahli waris. Kebijakan penentuan KPM BLT DD adalah mereka yang belum menerima bantuan dari program lain. “Makanya jumlah KPM ditentukan melalui musdessus (musyawarah desa khusus) dan hasilnya terdapat 16 KPM di Sendang. Besarannya masih sama, Rp300.000,00 per bulan,” ujar Sukamto.

Sukamto berharap, pencairan dan penyaluran serentak di bulan ini bisa dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya. “Harapan kami tentunya ritme kerja seperti ini bisa kami pertahankan sehingga KPM juga bisa menerima dan memanfaatkan BLT DD untuk pemenuhan kebutuhan sebagaimana mestinya,” tandasnya.

Sementara itu, Jesi Natalia (pendamping desa) melakukan monitoring di Desa Sendang dengan ikut menyalurkan ke rumah-rumah KPM yang tidak dapat hadir langsung di balai desa karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan. “Ada 6 KPM yang tidak bisa hadir langsung di balai desa karena sakit & sudah tua, untuk itu kami lakukan pendampingan sampai ke rumah KPM,” tandas Jesi. (adm)