Kerajinan “Gantungan Kunci” hasil melatih kemandirian sejak dini di TPQ AL Manshurin

  • Feb 02, 2018
  • sendang-wonogiri

SENDANG-Usia PAUD, TK sampai dengan usia SD adalah usia emas anak, apa yang mereka jumpai, dengar dan lakukan akan terbawa menjadi karakter mereka hingga dewasa. Mengingat pentingnya akan hal itu, di Dusun Godean Rt 03 Rw 02 Desa Sendang telah dibentuk TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) sejak tahun 2012 yang lalu. TPQ sebagai wadah pembinaan mental dan spiritual anak, sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menangkal segala pengaruh negatif di jaman dengan kemajuan tekhnologi yang berkembang pesat seperti saat ini. Jika anak-anak tidak dididik dalam wadah yang positif, niscaya mereka akan menjadi korban kemajuan tekhnologi itu sendiri, seperti yang kita lihat di lingkungan kita, banyak anak-anak sejak usia paud sudah tersibukkan dengan gadget, hp, game dan sejenisnya, mereka jauh dari belajar agama, tata krama dan cara interaksi sosial dengan lingkungannya.

Untuk itu di TPQ Al Manshurin yang diketuai oleh Bapak H.Suyud, bertempat di masjid Al Manshurin Dusun Godean ini, anak-anak usia Paud, TK hingga SD dibimbing cara membaca, menulis arab, dan syariah agama islam oleh para ustadz-ustadzahnya, seperti Mas Arif, Ibu Maya dan Mbak Lia. Anak-anak mengikuti proses belajar agama di TPQ Al Manshurin seminggu 3 kali, yaitu hari Senin, Kamis dan Jum’at. Materi yang diberikan selain baca tulis arab, hafalan Al qur’an, tata krama, anak-anak juga diberikan pelajaran ketrampilan kerajinan tangan, agar mereka tidak bosan mengikuti pelajaran, juga mendidik anak agar punya jiwa kemandirian.

Salah satu bentuk pelajaran untuk melatih kemandirian, di TPQ Al Manshurin ini dikembangkan kerajinan tangan membuat gantungan kunci. Pembuatan kerajinan ini mudah dilakukan, karena bahan dan alat sangat mudah diperoleh, antara lain kain, benang, gunting, gantungan dan jarum.

Dengan dibimbing Ibu Maya, anak-anak mengikuti kegiatan ini sangat antusias dan gembira, mereka bebas berkreasi, ada yang membuat gantungan kunci berbentuk mobil, huruf dan lain-lain. Dan hasil dari kerajinan ini ada yang dimanfaatkan keluarganya untuk menjadi gantungan kunci, ada pula yang dijual kepada temannya di sekolah.(admin)