Hari ini UPTD Puskesmas Wonogiri II peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia

  • Apr 20, 2018
  • sendang-wonogiri

WONOGIRI│Hari ini, Jum’at (20/04/2018) UPTD Puskesmas Wonogiri II menggelar berbagai acara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia. Walaupun sebenarnya Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia tersebut jatuh pada tanggal 20 Maret, namun semangat dari UPTD Puskemas Wonogiri II untuk mensosialisasikan perilaku hidup sehat kepada masyarakat tetap menggelora. Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor UPTD Puskesmas Wonogiri II ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh 84 peserta dari 28 sekolah. Masing-masing sekolah se-Wilayah UPTD Puskesmas Wonogiri II mengirimkan 1 Guru UKS dan 2 murid.

[caption id="attachment_1880" align="aligncenter" width="225"]Hari-kesehatan-gigi-dan-mulut

Pembagian sikat gigi di UPTD Puskesmas Wonogiri II, Jum'at 20/04/2018

[/caption]

Kegiatan diawali dengan pembagian sikat gigi oleh UPTD Puskesmas Wonogiri II. Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri II, dr. Antik Istiqomah dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan ini bisa menjadi edukasi bagi para guru dan murid-murid untuk bersama-sama melatih para anak didik berperilaku hidup bersih dan sehat, dalam merawat giginya.

Acara dilanjutkan dengan senam peregangan yang dipimpin oleh instruktur senam Novi Siswanti diikuti oleh seluruh guru, murid dan staf Puskesmas Wonogiri II. Setelah acara senam peregangan selesai dilanjutkan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut oleh drg. S.Riyanta. Para murid diberikan penjelasan tentang tata cara gosok gigi yang baik dan benar serta pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

[caption id="attachment_1881" align="aligncenter" width="300"]senam-peregangan

Senam Peregangan di UPTD Puskesmas Wonogiri II, Jum'at 20/04/2018

[/caption]

Dijelaskan bahwa penyebab penyakit gigi dan mulut karena kurang memakan makanan bergizi, dan tidak mengerti cara merawatnya. Sebaiknya pemeriksaan gigi dan mulut dianjurkan setiap 6 bulan sekali. Selain memberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut selanjutnya dilaksanakan demo gosok gigi yang baik dan benar bersama seluruh murid.

[caption id="attachment_1882" align="aligncenter" width="225"]sikat-gigi

Praktek sikat gigi bersama di UPTD Puskesmas Wonogiri II, Jum'at 20/04/2018

[/caption] [caption id="attachment_1883" align="aligncenter" width="225"]gerakan-masyarakat-sehat

Penjelasan tentang Germas di UPTD Puskesmas Wonogiri II, Jum'at 20/04/2018

[/caption]

Pada akhir acara dipaparkan juga materi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang disampaikan oleh Endang Puji Astuti, SKM, M.M. “Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak dengan bimbingan orang tuanya bisa lebih tertib dan benar dalam menyikat gigi, karena gigi merupakan investasi masa depan. Dan anak-anak yang dikirim pada kegiatan hari ini diharapkan dapat menularkan perilaku hidup sehat pada teman-temannya, “ tandasnya. (admin)