Hari ini Posyandu Mawar Dua gelar pemeriksaan rutin kepada balita

  • Apr 16, 2018
  • sendang-wonogiri

SENDANG │Hari ini Senin 16 April 2018 bertempat di Kantor PKK Desa Sendang tepatnya di Posyandu Mawar Dua telah dilaksanakan program pelaksanaan penimbangan dan pemeriksaan kesehatan balita oleh bidan desa, Ibu Sri Lestari di bantu oleh dua kader posyandu, Ibu Sri Hartati dan Ibu Nuri Budi Lestari. Desa Sendang memiliki tujuh posyandu balita dan satu posyandu lansia. Tiap posyandu memiliki jadwal pertemuan rutin sesuai dengan musyawarah para kader posyandu.

[caption id="attachment_1842" align="aligncenter" width="300"]posyandu-balita

Kader Posyandu, Ibu Nuri mengukur lingkar kepala salah satu balita, Senin 16/04/2018 (Dok.desa.id - foto : Tatik)

[/caption]

Salah satu posyandu yang memiliki jadwal kegiatan pada Hari Senin (16/04/2018) adalah posyandu Mawar Dua yang membawahi dua wilayah dusun, yaitu Dusun Godean dan Dusun Sendang. Salah satu kader posyandu, Ibu Sri Hartati mengatakan, “Pelaksanaan pertemuan rutin posyandu Mawar Dua pada pagi hari ini diikuti 27 Balita. Kegiatan rutin ini berupa pemeriksaan kesehatan, yang meliputi : penimbangan berat badan balita, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala dan pemberian makanan tambahan (PMT), “ jelasnya.

[caption id="attachment_1843" align="aligncenter" width="300"]posyandu-mawar-dua

Pemberian Makanan Tambahan bagi balita di Posyandu Mawar Dua, Senin 16/04/2018 (Dok.desa.id - foto : Tatik)

[/caption]

Pada Tahun Anggaran 2018 ini Pemerintah Desa Sendang mengalokasikan anggaran 1,1 juta per posyandu untuk keperluan ATK posyandu, pembelian timbangan dan transport para kader ke posyandu. Karena Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Peranan Posyandu di Desa Sendang cukup strategis dalam menciptakan SDM berkualitas sejak dini, perlu ditindak lanjuti dengan penguatan terhadap lembaga tersebut. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

[caption id="attachment_1844" align="aligncenter" width="300"]posyandu-mawar-dua

Kegiatan pemeriksaan kesehatan di posyandu Mawar Dua (Dok.desa.id - foto : Tatik)

[/caption]

Posyandu menjadi lembaga strategis di tingkat bawah yang berperan langsung membentuk kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini melalui upaya peningkatan gizi ibu dan bayi serta pemantauan tumbuh kembang anak. Menciptakan generasi emas kuncinya adalah kualitas SDM yang harus dibentuk sejak usia emas yakni usia 0-5 tahun. Disinilah Posyandu berperan menjadi instrumen yang mendampingi para orang tua dalam pola pengasuhan anak dan berkontribusi memberikan tambahan asupan gizi yang seimbang baik bagi anak maupun ibu hamil. (admin)