DPP LDII Gelar Kebersihan Nasional, di Wonogiri Ada 198 Titik

  • Aug 04, 2023
  • Agung Susanto

WONOGIRI  (sendang-wonogiri.desa.id) - Ratusan warga  Wonogiri diprakarsai santri Ponpes Al Barru bersama pelajar SMP-SMA Bina Insani menggelar aksi bersih-bersih kampung menjelang HUT Kemerdekaan RI, Jum'at (4/8/2023). Selain menyasar fasilitas umum  seperti jalan kampung, anak sungai,  poskamling dan pekarangan kosong milik warga aksi sosial serentak bertajuk 'Kerja Bersama, Bhakti Untuk Negeri'  ini juga membersihkan sekitaran tempat ibadah.


Koordinator lapangan, Miswanto SE, yang juga Kepala SMP Bina Insani Wonogiri menyebutkan aksi yang digalang bersama jajaran pengurus DPD LDII Wonogiri sebagai bentuk partisipasi aktif mengisi kemerdekaan RI. "Semangat gotong royong dan kerjasama yang baik siswa yang belum lama ini mengikuti program MPLS dengan masyarakat sangat tepat untuk memeriahkan HUT Ke 78 Kemerdekaan RI," tutur Miswanto didampingi Kepala SMA Bina Insani Weda Hendragiri SPd.


Sementara itu Sekretaris LDII Wonogiri Agung Susanto SE menjelaskan kerja bakti massal kebersihan lingkungan ini dilakukan secara nasional di seluruh Indonesia berdasarkan instruksi tertulis DPP LDII nomor 1-8/DPP LDII/VIl/2023 tanggal 23 Juli 2023. "Untuk tingkat daerah Wonogiri kita adakan bareng-bareng di 198 titik tersebar di 23 kecamatan (PC) atau 68 desa/kelurahan atau PAC, simbolisnya PAC Bulusulur ini," terang Agung yang juga Ketua Ponpes Al Barru Bulusulur.

Menurut dia, semangat gotong royong dan toleransi harus terus digaungkan kepada anak muda agar tidak ketinggalan dalam mengisi kemerdekaan. Bersama masyarakat mereka diimbau berkolaborasi demi lingkungan hidup yang sehat dan bersih. "Bahkan sesuai petunjuk pusat (DPP) kebersihan lingkungan tempat ibadah tidak hanya menyasar masjid atau musala, jika di lingkungan itu ada sarana ibadah lain entah itu gereja, vihara maupun pure juga bantu bersih-bersih," kata dia sembari menambahkan pihaknya tidak lupa 'kula nuwun'  kepada pengurus tempat ibadah setempat.-(PPID)