Desa Sendang terima Studi Banding Desa Kepatihan sebagai Perluasan Desa Antikorupsi

  • Mar 14, 2024
  • Agung Susanto

Wonogiri, sendang-wonogiri.desa.id - Untuk mewujudkan terciptanya desa yang anti korupsi dan bebas KKN, Pemerintah Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri studi banding di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Kamis.(14/3/2024).

Dalam Kunjungan tersebut rombongan Desa Kepatihan dipimpin oleh Sekretaris Desa, Ngadi didampingi 3 perangkat desa. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto di ruang kerjanya.

Sekdes Kepatihan, Ngadi menyampaikan alasan dipilihnya Sendang sebagai tempat studi banding karena pada tahun 2023 lalu Desa Sendang mendapat predikat sebagai desa antikorupsi dalam ajang desa Anti Korupsi yang diadakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia. “Kami berharap dapat menyerap ilmu dan petunjuk dari Bapak Kades & perangkat Desa Sendang untuk mewujudkan Desa Kepatihan sebagai perluasan desa Anti korupsi,” terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Sendang Sukamto Priyowiyoto menyampaikan dalam paparannya untuk menuju desa Anti korupsi diperlukan komitmen dari semua elemen desa itu sendiri, mulai dari pemerintah desa, lembaga desa dan juga masyarakatnya.

"Selain pemahaman antikorupsi dari semua elemen desa, juga dibutuhkan support dari kecamatan dan kabupaten dalam mewujudkan desa anti korupsi, seperti Dinas PMD, Inspektorat dalam pengawasan dan Kominfo dalam sektor publikasi kepada masyarakat," jelasnya.

Dalam studi banding kali ini, Sekdes Sendang, Agung Susanto memaparkan terkait beberapa indikator yang harus dipenuhi untuk menjadi Desa Antikorupsi. “Pemerintah Desa sebagai aktor utama dalam perwujudan desa anti korupsi. Ada indikator terkait Penguatan Tata Laksana, Penguatan Pengawasan, Penguatan Kualitas Layanan Publik, Penguatan Partisipasi Masyarakat, dan Kearifan Lokal. Semua indikator tersebut tidak dapat terpisahkan, karena saling kesinambungan untuk menghasilkan pemerintahan yang bersih serta pelayanan yang maksimal,” pungkas Agung. (Ag-PPID)