BRI Wonogiri Menanam 2023 Wujudkan Sinergi dengan ProKlim Desa Sendang

  • Nov 21, 2023
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id - Pimpinan Cabang (Pinca) Bank BRI Wonogiri, Muhammad Nu'man didampingi Manager bisnis Yusman, dan Kepala Unit BRI Wonogiri, Indrawan menjelaskan, BRI Menanam tahun 2023 merupakan program resmi lanjutan tahun 2022 yang diinisiasi Bank BRI.

Hal ini sebagai implementasi Environment, Sosial and Governance (ESG) yaitu konsep memfokuskan tata kelola perusahaan dengan aspek sosial dan lingkungan. Penjelasan tersebut disampaikan Muhammad Nu'man saat penanaman bibit durian dan alpukat secara simbolis didampingi Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto di bukit Sokogunung, Sendang, Selasa (21/11).

Melalui konsep ini Bank BRI ingin mewujudkan sinergi antara perusahaan dengan masyarakat untuk peduli bumi tempat tinggal, khususnya warga Dusun Sokogunung, Desa Sendang, Wonogiri.

Hal tersebut merupakan perwujudan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals 2030 yang dicanangkan pemerintah.

Program BRI Menanam melibatkan tokoh masyarakat Desa Sendang, BRI bersama-sama masyarakat akan membangun lingkungan agar lebih hijau untuk masa depan bumi yang lebih baik.

"Sebagian bagian dari komitmen kami untuk selalu dekat dengan masyarakat dan melakukan kegiatan bina lingkungan, kami telah meluncurkan BRI Menanam 2023. Ini salah satu langkah konkrit kami dalam mewujudkan kepedulian terhadap alam dan masyarakat yang kami layani," kata Muhammad Nu'man.

Dalam BRI Menanam 2023 pihaknya menyalurkan sedikitnya 120 bibit buah terdiri 60 bibit alpukat, 60 bibit durian, yang telah didistribusikan ke Dusun Sokogunung, Desa Sendang.

Sementara itu, Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto menegaskan, kegiatan tersebut bukan hanya tentang menanam bibit, tapi juga tentang menanam harapan dan masa depan yang lebih baik.

Tanaman buah yang disalurkan diharapkan tumbuh dan memberi manfaat jangka panjang bagi masyarakat sekitar baik untuk konsumsi buah-buah segar, lezat dan bernilai ekonomi serta membantu menjaga ekosistem alam yang berharga.

"Ini hanyalah awal perjalanan panjang kami dalam mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Kami berharap kegiatan BRI Menanam menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk melakukan lebih banyak hal yang baik untuk lingkungan kita," ujarnya.

Sukamto mengajak masyarakat penerima bantuan bibit untuk berkomitmen merawatnya termasuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Komitmen tersebut dituangkan dalam Piagam Komitmen Merawat yang ditandatangani oleh Muhammad Nu'man (BRI) dan Sukamto, Kades Sendang mewakili warga masyarakat Desa Sendang.

"Program BRI Menanam ini sinergi dengan ProKlim (Program Kampung Iklim) Desa Sendang Tahun 2023. ProKlim merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK (Gas Rumah Kaca) nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim,” pungkasnya. (ag-ppid*)