BPN Wonogiri Serahkan Sertifikat Tanah Lintas Sektor bagi Pelaku UMKM Sendang

  • Sep 06, 2023
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Wonogiri yang dalam hal ini diwakili oleh Siswandi menyerahkan sertifikat tanah kepada 101 orang perwakilan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri pada Selasa (06/09/2023). Penyerahan sertifikat berlangsung di Gedung Olahraga Desa Sendang.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan sertifikat, Tomas dan Toga setempat.

Sertifikat tanah yang diserahkan kepada masyarakat Desa Sendang tersebut merupakan hasil dari program Sertifikasi Hak atas Tanah Lintas Sektor yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Wonogiri bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Wonogiri.

Ditemui usai menyerahkan sertifikat, Siswandi mengatakan, sertifikasi lintas sektor ini sebagai upaya pemerintahan Joko Widodo dalam memberikan kepastian hukum hak atas tanah para pelaku UMKM, serta membuka akses permodalan ke lembaga keuangan formal. Menurutnya, sertifikasi hak atas tanah UMKM ini akan sangat membantu dalam pelaksanaan usaha masyarakat setempat. 

"Karena dengan sertifikat yang didapat, masyarakat dapat menjadikan sertifikat sebagai agunan, bisa fasilitasi permodalan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR). Semoga sertifikat tanah ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan membangun ekonomi kerakyatan di Desa Sendang," ujar Siswandi.

Sementara itu, Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto saat mendampingi Tim BPN Wonogiri menyerahkan secara simbolis sertifikat kepada 5 orang penerima program Lintor mengatakan, program legalisasi tanah warga tersebut menjadi salah satu program dalam visi-misinya membawa Desa Sendang menuju tertib administrasi termasuk di bidang pertanahan.

“Dengan program Sertifikasi Hak atas Tanah Lintas Sektor  ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM dengan memberi rasa aman atas legalitas tanahnya dan membuka akses pembiayaan usaha seluas-luasnya, “ pungkasnya. (ag)