Ajak Perangi Narkoba, Kapolres Wonogiri Bentuk 42 Kampung Tangguh Anti Narkoba

  • Aug 08, 2023
  • Agung Susanto

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id - Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si. menyambangi Posko Kampung Tangguh Anti Narkoba di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri, Senin (7/8/2023).

Kedatangan Kapolres ini untuk mengecek secara langsung kondisi Posko yang menjadi pilot project  kampung tangguh anti narkoba Polres Wonogiri. Turut mendampingi Wakapolres dan seluruh PJU Polres Wonogiri. Dalam kunjunganya Kapolres beserta rombongan disambut langsung Kades Sendang Sukamto Priyowiyoto, S.H. dan staf serta tokoh masyarakat setempat. 

Kapolres menjelaskan, saat ini Polres Wonogiri telah membentuk sebanyak 42 Kampung Tangguh Anti Narkoba, yang tersebar di wilayah Kabupaten Wonogiri. Tujuannya agar Wonogiri bersih atau zero dari narkoba. Sebab dalam kampung tangguh ini, pihaknya melibatkan seluruh stakeholder terkait mulai dari TNI, polri termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

"Jadi kampung tangguh tangguh anti narkoba ini mirip dengan kampung tangguh saat pandemi covid-19 lalu. Jadi di sini ada petugasnya semua. Nantinya kita harapkan para satgas yang terlibat bisa door to door ke rumah-rumah warga untuk mensosialisasikan sekaligus mengedukasikan warga terkait bahaya narkoba," tegas Kapolres. 

Karena itu, lanjut Kapolres, dengan hadirnya kampung tangguh bersih narkoba ini, warga Desa Sendang bisa melaporkan bilamana ada hal-hal yang mencurigakan. Pasalnya, diakui Kapolres, sebelumnya warga setempat takut untuk melapor meskipun mengetahui informasi terkait peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungannya.

"Mudah-mudahan hadirnya posko kampung tangguh anti narkoba ini bisa menyemangati lagi masyarakat untuk sama-sama memberantas narkoba,  karena saya sudah tanya ke para warga, mereka tidak suka dengan adanya narkoba ini. Makanya saya harapkan, dengan adanya kampung tangguh anti narkoba ini, sebulan sudah beres masalah narkoba ini," harapnya. 

Dalam hal ini, lanjutnya,  Polri selalu bersinergi dengan berbagai pihak. ‘’Dengan begitu, peredaran narkoba dapat ditekan dan masyarakat bersih dari narkoba," kata Kapolres

Kapolres berobsesi,  dengan hadirnya Kampung Tangguh Anti Narkoba ini, peredaraan dan penyalahgunaan narkoba di wilkum Polres Wonogiri  bisa diatasi, sehingga seluruh desa dan kelurahan yang ada di Wonogiri betul-betul bersih dari narkoba, jadi semuanya bebas dari narkoba.

‘’Untuk itu mari bersama-sama kita berantas narkoba, karena narkoba sangat bahaya dan kita tidak bisa bekerja sendiri untuk memberantas itu, kita butuh dukungan dan peran serta dari masyarakat," imbuh Kapolres.