Pelatihan Handycraft DPD LDII Wonogiri: Meningkatkan Keterampilan Perempuan dalam Pemberdayaan Keluarga

  • Sep 09, 2024
  • Agung Susanto

Wonogiri, sendang-wonogiri.desa.id Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Wonogiri mengadakan pelatihan pembuatan handycraft sebagai bagian dari program pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu (8/9/2024) di gedung DPD LDII Wonogiri, Bulusulur, Wonogiri. Dimulai pukul 08.30 hingga 14.00 WIB dengan diikutii 47 remaja putri perwakilan dari Pimpinan Cabang LDII se-Kabupaten Wonogiri.

Pelatihan dibuka oleh Pengurus DPD LDII Kabupaten Wonogiri Bagian Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga, Sugiyarni yang menyampaikan pesan inspiratif kepada para peserta. "Sebagai wanita, kita juga harus mempunyai keterampilan sebagai bekal dalam berumah tangga. Tidak hanya mengandalkan suami saja, akan lebih baik ketika kita memiliki penghasilan sendiri tanpa mengesampingkan tugas kita sebagai ibu dan istri," ungkapnya.

Sebagai narasumber Kharisma Arjuwana, owner Karrincraft Karanganyar. Pada kesempatan ini ia focus memberikan pelatihan pembuatan buket dari bulu kawat dan mahar, yang saat ini tengah menjadi tren usaha di masyarakat.

Para peserta dengan antusias mengikuti setiap tahapan pelatihan, mereka ingin menambah keterampilan serta mendapatkan peluang usaha yang dapat dikembangkan dari rumah. Winda, salah satu peserta dari PC Wonogiri, selama mengikuti pelatihan pembuatan buket kawat bulu dan mahar ini, saya merasa sangat terinspirasi dan termotivasi. “Pelatihan ini tidak hanya memberikan keterampilan praktis yang bermanfaat, tetapi juga membuka wawasan tentang kreativitas dan keindahan dalam seni kerajinan tangan. Instruktur yang sabar dan berpengalaman membuat proses belajar menjadi menyenangkan dan mudah diikuti,” ungkapnya.

Sementara itu Aulia, Panitia Pelaksana Kegiatan berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi para perempuan dalam mengembangkan potensi diri, sehingga mereka dapat lebih mandiri dan berkontribusi pada kesejahteraan keluarga. (lines_wng)