Kepala Desa Sendang (2018 – 2024)

sukamto

NAMA LENGKAP : SUKAMTO PRIYOWIYOTO

TEMPAT/TGL LAHIR : WONOGIRI, 6 SEPTEMBER 1973

PENDIDIKAN TERAKHIR : SLTA

ALAMAT : PRAMPELAN, RT 03/07, SENDANG, WONOGIRI

AGAMA : ISLAM

JABATAN : KEPALA DESA

NO TELEPON : 081228424000

Biografi Sukamto Priyowiyoto,

Direktur BUMDes yang mengabdi menjadi Kepala Desa Sendang

Biografi Sukamto Priyowiyoto – Bukan orang kaya, Sukamto Priyowiyoto merupakan sosok yang berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya, Rakiyo merupakan salah satu pamong di Desa Sendang selama 48 tahun. Bahkan masa kecil Sukamto Priyowiyoto sangat keras. Ketika ia masih duduk di bangku sekolah dasar di SD Negeri Sendang 2, ia ikut menjajakan es kucir buatan Ibu Suryanto yang beralamat di Sukorejo, Giritirto, Wonogiri. Tetapi kondisi itu bukan menjadi penghalang untuk meraih masa depannya. Ia mampu menyelesaikan pendidikannya di Paket C di PKBM Berdikari. Setelah lulus, ia melanjutkan kuliah di UNIBA Surakarta jurusan Fakultas Hukum.

Karirnya kemudian juga merambah di dunia sosial kemasyarakatan dimulai dengan menjadi Ketua BUMDes Sendang Pinilih pada tahun 2016-2018. Dengan semangat pengabdian dan ingin menggali potensi desanya kemudian namanya mulai dikenal setelah dianggap berhasil mengubah Desa Sendang menjadi Desa Wisata dengan ikon Watu Cenik, Puncak Joglo, Menara Pandang dan sangat identik dengan olahraga tandem Paralayang. Kemudian pada tahun 2018, ia terpilih dalam Pilkades Sendang dan kemudian dilantik oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo pada tanggal 27 Desember 2018 menjadi Kepala Desa Sendang sampai saat ini.

Saat ini ia selain menjabat sebagai Kepala Desa Sendang, masih menekuni profesinya sebagai pengusaha meubel.

Biografi Sukamto Priyowiyoto
• Nama lengkap : Sukamto Priyowiyoto
• Nama panggilan : Sukamto
• Agama : Islam
• Tempat lahir : Wonogiri, Jawa Tengah
• Tanggal lahir : Kamis, 6 September 1973
• Zodiak : Virgo
• Hoby : Olahraga Dirgantara
• Kebangsaan : Indonesia
• Istri : Sri Mulyani
• Anak : Siska Queenta Sari, Giri Pramudya, Miska Aura
• Almamater : UNIBA
• Pekerjaan : Pengusaha

Sukamto Priyowiyoto dilahirkan pada 6 September 1973 di Wonogiri, Jawa Tengah. Biografi Sukamto Priyowiyoto memang sederhana semasa hidupnya, sejak ia kecil hidupnya sudah dibumbui perjuangan bersama keluarga kecilnya. Sukamto Priyowiyoto menempuh masa kecil di sebuah rumah kecil bersama orang tuanya. Sukamto Priyowiyoto menempuh pendidikan dasar sampai menengah di kota Wonogiri. Kemudian setelah sampai di sekolah menengah (Paket C), pada pendidikan tinggi Sukamto Priyowiyoto memilih untuk melanjutkan sekolahnya di UNIBA Surakarta.

Kemudian Sukamto Priyowiyoto memilih untuk membuka usaha meubel dan jasa pariwisata di desanya. Lambat laun, usaha meubel yang ditekuninya berhasil mendapatkan keuntungan. Banyak pesanan Gasebo, Pintu, Kusen, Almari, Kursi Minimalis dari berbagai kota, sehingga membuat hidup keluarga Sukamto Priyowiyoto berubah menjadi mapan namun tetap mengedepankan budaya sederhana dalam hidupnya.

Usaha produksi meubel Sukamto Priyowiyoto


Hasil produksi meubel milik Sukamto Priyowiyoto

Biografi Sukamto Priyowiyoto : Menjadi Ketua BUMDes Sendang Pinilih

Di tahun 2016 Sukamto Priyowiyoto terpilih menjadi Ketua BUMDes melalui forum Musyawarah Desa antara Pemerintah Desa Sendang dan BPD Sendang. Ada banyak sekali inovasi yang sudah dilakukan oleh pria kelahiran 1973 ini. Diantaranya ia menyulap Desa Sendang yang asalnya hanya merupakan desa dengan keterbatasan potensi (Dataran tinggi, pegunungan bebatuan) menjadi desa penuh potensi wisata alam. Yakni Wisata Watu Cenik (view pemandangan alam dan bentangan Waduk Gajah Mungkur, Track Sepeda Downhill), Wisata Puncak Joglo (Landasan take off olahraga Paralayang berskala Internasional), dan Wisata Menara Pandang (view Kota Wonogiri dilihat dari ketinggian). Saat ini banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung di Desa Sendang.

Banyak aktifitas yang dia lakukan setelah menjadi Ketua BUMDes Sendang Pinilih. Tak sedikit juga media yang membuat berita khusus akan Sukamto Priyowiyoto dan dari sana popularitasnya meningkat dan membuat banyak orang menginginkan Sukamto Priyowiyoto menjadi seorang kepala desa. Setelah melalui rangkaian pemikiran yang panjang, pada akhirnya Sukamto Priyowiyoto maju mencalonkan diri dan terpilih sebagai Kepala Desa Sendang ke 12 pada periode 2018 – 2024.

Biografi Sukamto Priyowiyoto : Pendidikan dan Karir
Pendidikan:
• SD Sendang 2
• SMP Netral Wonogiri
• Paket C
• UNIBA Surakarta
Karir:
• Ketua BUMDes (2016-2018)
• Kepala Desa (2018-sekarang)
• Pengusaha meubel

Usaha, tekad dan kerja keras menjadi landasan kesuksesan setiap orang. Sama halnya dengan Sukamto Priyowiyoto. Itulah biografi Sukamto Priyowiyoto yang dapat menjadi teladan bagi masyarakat Desa Sendang secara khusus. Sukamto Priyowiyoto bahkan menjadi salah satu inspirator bagi generasi muda Desa Sendang. Semoga biografi Sukamto Priyowiyoto ini dapat bermanfaat dan terus memberi semangat bersama untuk memajukan Desa Sendang.

Facebook Comments