Green House Anggur

Inovasi Desa Sendang

Pemerintah Desa (Pemdes) Sendang kembali mewujudkan inovasinya, kali ini di bidang pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup. Hasil review RPJMDes pada tahun 2020 yang lalu, salah satunya mewujudkan kebun buah di Puncak Joglo sebagai upaya optimalisasi pariwisata desa.

Tahun 2020, bekerjasama dengan Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada), Pemdes Sendang menggelar pelatihan pembibitan buah bagi relawan, karang taruna, perangkat desa dan PKK. Sebagai tindak lanjut pada Bulan Juni tahun 2021 Pemdes mewujudkan Green House Kebun Buah Anggur di tanah kas desa, Dusun Sokogunung. Tepatnya sebelah utara lokasi take off paralayang Puncak Joglo.

Green House Buah Anggur ini sebagai salah satu upaya Pemdes Sendang dalam memaksimalkan potensi desa. Desa Sendang memiliki wisata desa yakni Wisata Watu Cenik & Wisata Puncak Joglo yang dikelola BUMDes Sendang Pinilih, agar wisatawan tidak hanya menikmati indahnya pemandangan, tapi lebih dari itu diharapkan sisi ekonomi dari hasil perkebunan buah juga menjadi daya tarik wisatawan dan menggerakkan ekonomi warga.

Program pembangunan Green House Kebun Anggur ini didanai dari Pendapatan Asli Desa sebesar Rp. 41.000.000. Pengelolaannya dikolaborasikan antara perangkat desa, relawan destana dan karang taruna desa.