Raih Juara Satu Lomba Desa Tingkat Kecamatan, Spirit Desa Sendang Untuk Lebih Maju...

  • Mar 29, 2018
  • sendang-wonogiri

SENDANG – Kamis (29/3/2018) Setelah melalui beberapa tahap penilaian juri dari tingkat kecamatan, akhirnya Desa Sendang Kecamatan Wonogiri terpilih sebagai Juara Pertama Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kecamatan. Pemenang hasil lomba desa dan kelurahan tersebut dibacakan oleh Sekretaris Kecamatan Wonogiri Drs. Suparno di depan peserta rapat koordinasi sekretaris desa dan kelurahan se-Kecamatan Wonogiri di ruang pertemuan kantor kecamatan. Desa Sendang dianggap sebagai desa terlengkap dalam semua aspek penilaian.

Tim Penilai Lomba Desa

Tim Penilai Lomba Desa saat mengecek administrasi di Kantor Sekretariat Desa Sendang

Tim Penilai Lomba Desa

Tim Penilai Lomba Desa Kec Wonogiri mengecek kelengkapan administrasi perpustakaan Desa Sendang

Penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat kecamatan ini dinilai dari berbagai aspek seperti administrasi pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. Termasuk lembaga-lembaga desa seperti BPD, LPMD, Kelembagaan Pokmas, TP PKK dan partisipasi masyarakat dalam membangun desanya. Desa Sendang dianggap unggul karena menjadi desa yang lengkap. Sendang memiliki cluster ekonomi usaha produktif berbasis perikanan dan pariwisata. Termasuk juga pemanfaatan hasil perikanan yang menjadikan bergeliatnya ekonomi  masyarakat dengan tumbuhnya usaha-usaha kuliner khas Desa Sendang antara lain olahan ikan bakar, botok ikan, ikan goreng, sop ikan dan lain sebagainya yang dapat dijumpai dengan lengkap di Desa Sendang. Selain itu, Desa Sendang juga memberdayakan masyarakat dengan mengajarkan keterampilan aneka olahan berbahan baku ikan, ketrampilan merias dan sablon.

Desa Sendang juga menjadi desa yang melek IT (Informasi dan Teknologi) karena program website desanya dikelola secara baik oleh aparatur desanya. Desa Sendang juga memiliki perpustakaan dengan buku-buku yang lengkap untuk bacaan warganya. Semua ini digagas oleh Kepala Desa Sendang agar desanya menjadi desa yang lebih baik, bukan sebagai desa tertinggal. Kades Budi Hardono, S.E dianggap memiliki banyak inovasi dan kreativitas untuk mengubah desanya. Ini tidak lepas dari profesinya sebelum menjadi kepala desa yakni seorang pengusaha.

[gallery type="slideshow" size="large" ids="1520,1521,1522"]  

Setelah memenangkan lomba desa dan kelurahan tingkat Kecamatan Wonogiri, Desa Sendang akan mewakili Kecamatan Wonogiri untuk maju lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Wonogiri.  Terkait dengan beberapa indikator yang membuat Desa Sendang berhasil menjuarai ajang tersebut? Agung selaku Sekretaris Desa Sendang menyampaikan bahwa, beberapa hal yang menjadi kelebihan Desa Sendang dibanding Desa-desa lain di Kecamatan Wonogiri adalah kelengkapan sistem administrasi, inovasi administratif semisal surat-menyurat yang sudah menggunakan bermacam aplikasi, serta potensi ekonomi desa yang cukup variatif. “Surat-menyurat sudah memakai aplikasi sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat, untuk keuangan sudah menerapkan aplikasi siskeudes sehingga mudah dikontrol dan potensi pariwisata menuju desa wisata cukup potensial,” ujarnya. Saat ditanya harapan ke depan dengan terpilihnya Desa Sendang sebagai juara tingkat kecamatan? Agung mengatakan kalau prestasi tersebut tidak boleh menjadi alasan untuk berhenti berkarya dan berinovasi, namun sebagai spirit untuk lebih memacu diri agar lebih baik lagi ke depannya.

Lomba Desa

Urutan Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Wonogiri

Penilaian perlombaan desa tersebut mengandung makna tersendiri karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga – lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada. Selamat kepada kepala desa, aparatur desa dan seluruh masyarakat Desa Sendang Kecamatan Wonogiri atas prestasi yang diraih. (admin)