Pelatihan Pembuatan Souvenir bagi Kube Sendang Berimbang

  • Nov 16, 2022
  • Agung Susanto

sendang-wonogiri.desa.id - KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Sendang Berimbang mendapatkan pelatihan pembuatan souvenir yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sendang bekerjasama dengan lembaga non profit "Jalatera" Surakarta, Jum'at 11 November 2022 di Balai Dusun Bendorejo. Pelatihan souvenir kali ini mengangkat bahan utama perca kain.

Sebanyak 20 orang ibu-ibu anggota Kube mengikuti pelatihan yang menghadirkan pemateri dari Jalatera, Atik & Utik. Rencana pelatihan akan dilaksanakan selama 3 hari. Toto, selaku pendamping Kube mengatakan, "Sendang memiliki potensi desa wisata, harapan kami dengan pelatihan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,'.

Ia menambahkan, warga Desa Sendang jangan hanya sebagai penonton tetapi harus mampu menangkap potensi kedatangan para wisatawan. Ia berharap dimulai dari pasar lokal wisata desa, produk souvenir Kube nantinya bisa merambah di pangsa solo raya.

Kepada para peserta pelatihan, Toto turut berpesan mengenai pentingnya semangat kreatif dan inovatif di dalam menjalankan bisnis souvenir. Menurutnya, kreativitas dan ide-ide inovatif menjadi poin penting agar bisnis souvenir yang dijalankan tidak terasa monoton dan mampu menjaga ketahanan dalam berbisnis yang kerap dipenuhi dinamika untung-rugi.

Sementara itu Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto mengatakan bahwa pelatihan pembuatan souvenir sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang masuk dalam RPJMDes Sendang. "Kami punya potensi wisata, maka masyarakat harus dapat memaksimalkan peluang yang ada, salah satunya penjualan souvenir bagi wisatawan", pungkasnya saat mendampingi pelatihan.