Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih dan Coklit Pemilu Tahun 2024

  • Feb 06, 2023
  • Agung Susanto

sendang-wonogiri.desa.id - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Wonogiri menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Daftar Pemilih dan Coklit bagi Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pada Pemilu 2024, Minggu (5/2).

Digelar di aula lantai 2, Ruang Sokogunung, Kantor Kecamatan Wonogiri, bimtek tersebut mengundang Ketua, dan Anggota PPS Divisi Teknis dan Pemutakhiran Data Pemilih. Berkenan hadir secara langsung, Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi menyampaikan bahwa bahwa bimtek penyusunan daftar pemilih ini sangat penting mengingat data pemilih merupakan dasar pokok penyelenggaraan pemilu. “Jumlah pemilih menentukan jumlah TPS, logistik, dan lain-lain, maka data pemilih harus akurat,” ujarnya.

Karena Pantarlih pada Pemilu 2024 memiliki sistem kerja yang berbeda, Toto mengatakan bahwa PPK & PPS perlu menjelaskan bahwa Pantarlih Pemilu 2024 perlu memedomani regulasi dan arahan yang ditentukan oleh KPU RI.

"Sistem kerja Pantarlih untuk Pemilu 2024 ini berbeda dengan sistem sebelumnya, maka dari itu diharapkan Pantarlih menjalankan tugas sesuai dengan arahan KPU RI, dan jangan berpedoman pada sistem kerja yang lama," tegas Toto. 

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Wonogiri, Hafidz berharap kepada PPS yang hadir untuk menyalurkan informasi kepada seluruh pantarlih di wilayah desa/kelurahan masing-masing.

"Karena proses ini krusial, mohon untuk menyampaikan hasil bimtek ini dengan detil kepada Pantarlih. Jika ada hal yang belum dapat difahami, PPK selalu siap untuk berkoordinasi," pesan Hafidz.

Sementara itu Divisi Datin PPK Kecamatan Wonogiri, Tria juga menginformasikan kepada PPS bahwa Pantarlih Pemilu 2024 akan menggunakan aplikasi saat melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) kepada warga.

"Nanti petugas kita akan menggunakan aplikasi e-coklit, yang dalam hal ini nantinya akan dipergunakan oleh Pantarlih untuk melakukan coklit ke masyarakat," ujar Tria. (pps sendang)