Belajar bareng Siskeudes Online 2022

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Selasa (22/2) Desa-desa Kecamatan Ngadirojo dan Wonogiri mengadakan kegiatan belajar bersama tentang Tata Kelola Anggaran Desa melalui aplikasi Siskeudes. Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Pondok, diikuti 10 desa, 9 desa se-Kecamatan Ngadirojo (Pondok, Gemawang, Ngadirojo Lor, Ngadirojo Kidul, Kerjolor, Kerjo Kidul, Mlokomanis Wetan, Jatimarto), dan 1 desa dari Kecamatan Wonogiri (Desa Sendang).

siskeudes-online
Satya Graha, TA Dinas PMD Kab. Wonogiri saat menjadi narasumber dalam kegiatan Belajar Bareng Siskeudes Online 2022 di Balai Desa Pondok, Ngadirojo, Selasa (23/2)

Tiap desa mengirimkan 3 peserta (Sekdes, Bendahara, & Operator Siskeudes). Satya Graha, Tenaga Ahli Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, selaku narasumber mengatakan, “Mulai awal tahun 2022, Kabupaten Wonogiri menerapkan Siskeudes Online untuk semua desa, maka desa harus mulai menerapkan sistem kerja dengan kinerja yang baik, terstruktur sesuai tupoksi dibawah kendali sekretaris desa dan kepala desa sebagai penanggung jawab,”.

Dengan aplikasi Siskeudes, selain memudahkan tata kelola keuangan desa dan dana desa, juga dapat mengakomodasi proses pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban sehingga memungkinkan pengelola keuangan desa melaksanakan penatausahaan keuangan secara efektif dan efisien.

siskeudes-online
Sekdes, Bendahara, dan operator siskuedes belajar bareng penatausahaan siskeudes online

Ia menambahkan, Fitur-fitur yang ada dalam kedua sistem tersebut dibuat sederhana dan user friendly untuk menyikapi kondisi desa yang bervariasi dan memudahkan implementasinya. Dengan satu kali proses penginputan sesuai dengan transaksi yang ada, Siskeudes dapat menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan dan laporan-laporan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dengan diterapkannya Siskeudes Online, desa lebih tertib dalam pengelolaan transaksi akuntansi, disamping itu juga memudahkan Pemerintah Daerah melalui Dinas PMD dalam mengimplementasikan pengawasan anggaran yang dilaksanakan semua desa.

Sementara itu, Sekdes Sendang, Agung Susanto usai mengikuti kegiatan tersebut mengaku mendapatkan manfaat untuk saling bertukar pengalaman dalam pelaksanaan anggaran dari berbagai desa. “Tahun lalu saya masih menginput data transaksi di aplikasi siskeudes, saat ini saya ingin penerapan tupoksi perangkat desa bisa diterapkan maksimal, saya mengajak bendahara dan perangkat desa baru untuk belajar,”.

Menurutnya dengan belajar bersama dapat menambah motivasi bagi desa-desa yang belum menyelesaikan input, untuk segera menyelesaikan proses input sesuai update transaksi sehingga rekam penatausahaan dapat berjalan sesuai regulasi. “Kunci dalam pengelolaan anggaran desa adalah transparansi, jujur, amanah dan menjalankan sesuai regulasi yang ada,” pungkasnya saat beramah-tamah usai belajar bareng di Balai Desa Pondok, Ngadirojo, Selasa (23/2). (san)

About sendang-wonogiri 627 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan