KIM Sendang Kuncara raih Juara Pertama Festival Film Pendek se-Jawa Tengah

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Sendang Kecamatan Wonogiri berhasil menyabet juara pertama dalam Festival Film Pendek yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. Film yang mengambil tema Protokol Kesehatan ini diangkat dari kisah nyata yang ada di lingkungan Desa Sedang dan diberi judul Isoman (Isolasi Mandiri). Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah disiarkan secara langsung oleh TVRI, Kamis (25/11/2021) di Studio TVRI Jawa Tengah Semarang.

Kepala Desa Sendang Sukamto Priyo Wiyoto menyampaikan bahwa KIM Desa Sendang sebelumnya telah dikukuhkan dengan Surat Keputusan kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Nomor 33 Tahun 2021 tentang KIM Sendang Kuncara.

Diakui Sukamto, keterlibatan KIM Sendang Kuncara dalam upaya sosialisasi dan edukasi masyarakat bukan hanya saat ada lomba atau festival, tetapi juga untuk mendukung kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa Sendang dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Sendang.

“Jadi sebenarnya KIM Sendang Kuncara ini sudah ada lama menjadi salah satu bagian dari Pemerintahan desa kami, tapi memang baru dikukuhkan dengan SK tersebut tahun 2021 ini. KIM Sendang Kuncara juga terlibat dalam implementasi keterbukaan informasi publik di desa kami, jadi tidak eksis saat ada lomba atau festival saja, tapi memang banyak membantu kami dalam KIP,” ujar Sukamto.

Sukamto juga menyampaikan bahwa KIM Sendang Kuncara aktif melakukan berbagai kegiatan sosialisasi bukan melalui media formal tetapi dengan jurus tertentu yang mereka miliki.

“KIM ini sosialisasi dan edukasinya ke masyarakat bukan secara formal, bukan melalui website desa atau pertemuan formal lainnya, melainkan melalui kegiatan-kegiatan non formal yang melibatkan kader posyandu, karang taruna, paguyuban-paguyuban dengan jurus istimewa mereka. Jadi harapan kami KIM Sendang Kuncara ini bisa jadi salah satu upaya kami dalam diseminasi berbagi informasi terkait keberlangsungan Pemerintahan desa Sendang,” terangnya.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (26/11/2021), Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri, Heru Nur Iswantoro mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih KIM Sendang Kuncara dalam Festival Film se-Jawa Tengah ini.

Heru juga menghimbau kepada seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Wonogiri untuk dapat mengikuti jejak langkah KIM Sendang Kuncara sebagai bentuk kolaborasi kinerja dalam upaya melaksanakan keterbukaan informasi di tingkat pemerintahan desa.

“Saya berharap kepada seluruh desa dan kelurahan lainnya untuk meningkatkan kinerja KIM ke depan, berkolaborasi dalam rangka untuk keterbukaan informasi publik, menyediakan informasi yang seimbang, akurat dan akuntabel sehingga informasi yang beredar di masyarakat adalah informasi yang sehat,” tuturnya.

Selain itu, Heru juga berharap agar seluruh KIM desa dan kelurahan di Kabupaten Wonogiri dapat dikembangkan untuk mengelola keterbukaan informasi publik sehingga dapat berjalan dengan baik dan menjadi mitra pemerintah desa untuk menyebarkan informasi publik juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam fungsi pengawasan pemerintahan desa yang bersih dan transparan.

Sebagai tambahan informasi, KIM adalah sebuah lembaga layanan publik dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi serta pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya. Kelompok yang terbentuk atas inisiatif masyarakat ini melaksanakan kegiatannya sebagai agen perubahan di tengah masyarakat. KIM juga merupakan organisasi sosial yang bersifat wirausaha, bergerak dalam bidang pengelolaan informasi dan komunikasi yang tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk kepentingan masyarakat.

Sumber : SIKP_kominfowng

About sendang-wonogiri 620 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan