Bimtek Peningkatan kapasitas SDM perangkat desa dan pengurus BUMDesa

Perangkat desa, pengelola BUMDes mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM, diharapkan desa-desa segera mengurus dokumen badan hukum BUMDes.

WONOGIRI – sendang-wonogiri.desa.id │Rabu (22/9/2021) Perangkat Desa & pengurus BUMDesa se-Kecamatan Wonogiri melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pemerintah desa di ruang pertemuan Kantor Kepala Desa Bulusulur, Wonogiri. Kegiatan tersebut diikuti 33 peserta dari 9 desa. Mereka adalah Kades, Sekdes, Pengurus BUMDes, Pendamping Desa, dan Pendamping Lokal Desa (PLD) se-Kecamatan Wonogiri.

Menurut Dwi Prasetyo, Kades Bulusulur, selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan bahwa bimtek peningkatan kapasitas SDM dilaksanakan dalam rangka persiapan penyusunan RKP desa Tahun 2022 dan pendaftaran badan hukum BUMDes. “Regulasi tata kelola pemerintahan desa semakin banyak, melalui bimtek ini diharapkan desa-desa di Kecamatan Wonogiri semakin meningkatkan mutu pelayanan. Termasuk pendaftaran badan hukum BUMDes menjadi agenda terdekat desa,” jelas Dwi Prasetyo saat menyampaikan laporan kegiatan dihadapan peserta bimtek, Rabu (22/9).

bimtek-bumdes
Kades Bulusulur, Dwi Prasetyo selaku panitia Bimtek saat menyampaikan laporan kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Perangkat Desa dan pengurus BUMDes, Rabu (22/9).

Panitia sengaja menghadirkan Tenaga Ahli Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, Mulyadi, untuk memberikan materi pemahaman terkait proses pendaftaran Badan Hukum BUMDes secara mandiri. Hal ini disampaikan karena dari 9 desa di Kecamatan Wonogiri yang mendaftarkan baru 1 desa yaitu Desa Sendang. Secara regulasi, desa harus segera mendaftarkan badan hukum BUMDes, jika tidak, maka BUMDes dianggap beku. “Siapkan dulu semua dokumen, laksanakan musdes baru masuk proses pendaftaran nama,” jelas Mulyadi.

Ia menambahkan saat ini BUMDes yang masih proses pengajuan nama ada 19, perbaikan nama 5, terverifikasi nama 28, perbaikan dokumen 5, proses pendaftaran 14 dan terverifikasi dokumen ada 9. Ia berharap desa-desa segera bergerak untuk mengurus badan hukum BUMDes agar desa dapat mendayagunakan segala potensi ekonomi, kelembagaan perekonomian, serta potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Perangkat desa, pengurus BUMDes mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM, diharapkan desa-desa segera mengurus dokumen badan hukum BUMDes.

Sekretaris Kecamatan Wonogiri, Agus Hariyanto saat membuka bimtek menyampaikan harapannya kepada desa-desa supaya segera menata kelola pemerintahannya dengan baik. “Semua harus memiliki tanggungjawab dalam mengelola kegiatan, punya akuntabilitas tinggi, karena saat ini semua lini berbasis sistem. Buatlah program kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat, perbanyak inovasi dan jangan terbiasa dengan kebiasaan,” tegasnya.

Ia menambahkan bahwa Kecamatan Wonogiri adalah kecamatan kota di Wilayah Kabupaten Wonogiri yang sering dipakai sebagai uji petik. “Khususnya desa-desa di Kecamatan Wonogiri untuk mempersiapkan dengan baik tata kelola pemerintahan, tata kelola keuangan, dan tata kelola aset sejak awal. Sehingga semua dokumen sudah siap ketika ada uji petik,” tandasnya. (adm)

 

About sendang-wonogiri 609 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan