Penyaluran BLT Dana Desa Rp300 ribu tahap sembilan

blt-dd-sembilan

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Bertempat di teras kantor sekretariat Desa Sendang, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap IX untuk wilayah Desa Sendang disalurkan pada Jum’at (3/9/2021). Penyaluran BLT-DD tahap sembilan ini dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Wonogiri, Mahmudi, S.Sos, Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto, S.H., beserta perangkat, pendamping desa serta 16 KPM BLT-DD.

blt-dd-sembilan

Sasaran penerima BLT-DD adalah warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19 yang belum terdata di program bantuan sosial lainnya (Program Keluarga Harapan (PKH)/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Bantuan Sosial Tunai (BST)/Kartu Pra Kerja. Bantuan yang diterima oleh masing-masing kepala keluarga sebesar Rp. 300.000 setiap bulannya.

Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto, S.H. menuturkan bahwa hingga September Tahun 2021 Pemdes Sendang telah menyalurkan BLT-DD sebanyak 9 kali.
– Tahap I telah disalurkan pada 11 Februari 2021 (59 KPM),
– Tahap II disalurkan pada 24 Februari 2021 (59 KPM),
– Tahap III disalurkan pada 18 Maret 2021 (58 KPM),
– Tahap IV disalurkan pada 9 April 2021 (58 KPM),
– Tahap V disalurkan pada 6 Mei 2021 (58 KPM),
– Tahap VI disalurkan pada 7 Juni 2021 (58 KPM)
– Tahap VII disalurkan pada Jum’at, 9 Juli 2021 (57 KPM).
– Tahap VIII disalurkan Selasa, 3 Agustus 2021 (16 KPM),
– Tahap IX disalurkan Jum’at, 3 September 2021 (16 KPM).

Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto, S.H., menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bergerak serentak sehingga BLT-DD tahap I sampai IX dapat disalurkan dengan lancar. Ia berharap dengan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa tersebut dapat meringankan beban masyarakat. Kegiatan yang dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif.

Sekretaris Desa, Agung Susanto, S.E, menyampaikan bahwa awal penetapan KPM BLT-DD terdapat 59 KPM, namun setelah diadakan verifikasi dan validasi ulang terdapat 1 KPM yang menerima bantuan sosial lain dalam satu KK. Terdapat pula 42 KPM yang memilih beralih ke program bansos BPNT melalui musdes. Sehingga jumlah KPM BLT-DD saat ini berjumlah 16 orang. Dengan rincian 6 petani, 1 nelayan, pedagang 2 dan lain-lain sebanyak 7 orang.

“Hari ini KPM mengambil BLT-DD tahap IX dengan tertib, mereka membawa undangan dan KTP asli. Ada 1 KPM yang tidak bisa hadir karena sakit, maka diambilkan oleh anggota keluarganya dengan membawa surat kuasa,” tambah Agung.

Ia berharap bantuan yang diterima bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pemerintah Desa Sendang dan Satgas Penanggulangan Covid-19 tingkat Desa telah berupaya semaksimal mungkin untuk seluruh warganya. “Hingga tahap sembilan dana desa yang disalurkan melalui kegiatan BLT-DD sebesar Rp 131,7 juta,” pungkasnya. (adm)

About sendang-wonogiri 609 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan