Mahasiswa KKN Univet Bantara mendirikan Rumah Sehat dan Cerdas di Dusun Balong, Glinggang, Pracimantoro

sendang-wonogiri.desa.id – Pracimantoro, (26 Agustus 2021) Putri fatmawati salah satu mahasiswa kesehatan masyarakat mengikuti KKN (Kuliah Kerja Nyata) Univet Bantara Sukoharjo, kegiatan ini dibimbing Oleh Dosen Bp. Farid Setyo Nugroho S.K.M.,M.,Kes dengan mendirikan program Rumah Sehat dan Cerdas. Program ini digunakan sebagai sarana belajar dan TPA untuk anak-anak TK-SMP. Rumah ini didirikan di Dusun Balong RT 03/RW 02, Glinggang, Pracimantoro, Wonogiri.

Saat dihubungi oleh reporter sendang-wonogiri.desa.id via ponselnya, Putri mengatakan sebelumnya ia melakukan wawancara kepada sebagian orang tua yang ada di Dusun Balong RT 03/RW 02 dan dari hasil wawancara tersebut didapatkan hasil bahwa banyak orang tua yang mengeluh tentang sistem sekolah daring saat ini. Dari keluhan para orang tua ini ia berinisiatif mendirikan Rumah Cerdas dan Sehat. Tujuan didirikan Rumah Cerdas dan Sehat ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan menambah pengetahuan tentang kesehatan salah satunya tentang penyakit Covid-19. “Dari program ini banyak orang tua yang terbantu ketika anak-anak belajar daring ataupun saat mendapat tugas dari daring tersebut,” jelasnya.

rumah-sehat

Putri saat mengajari anak-anak di Rumah Sehat Dusun Glinggang, Pracimantoro. (Dok.desa.id – Foto : adm)

Rumah Cerdas dan Sehat ini mulai dilaksanakan pada hari Minggu, 22 Agustus 2021. Kegiatan ini dilakukan 3 kali dalam seminggu yaitu pada hari Minggu, Selasa, Kamis setiap pukul 15.30 WIB. “Kegiatan ini diikuti oleh 6-15 anak per harinya, dalam kegiatan ini selain belajar tentang pelajaran yang diajarkan dalam daring sekolah, anak-anak juga diajari belajar membaca iqro’ dan Al-Qur’an (TPA),” tutur Putri.

Protokol kesehatan tetap berlaku dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam program rumah sehat ini, seperti mencuci tangan sebelum memasuki Rumah Cerdas dan Sehat, kemudian memakai masker, dan menjaga jarak. “Selain belajar dan mengajar anak-anak juga saya ajak bermain supaya tidak bosan,” pungkasnya. (adm)

About sendang-wonogiri 609 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan