Dinas PMD Kabupaten Wonogiri selenggarakan Pelatihan Pengembangan SID sebagai upaya keterbukaan informasi

sid-pmd

Dinas PMD Kab. Wonogiri menyelenggarakan pelatihan SID bagi 75 desa.

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID), dimulai pada hari Senin sampai dengan Kamis (5-8 April 2021) bertempat di Aula Dinas PMD Wonogiri. Kegiatan pelatihan tersebut terbagi menjadi 2 gelombang, gelombang pertama peserta berjumlah 37 Desa sedangkan gelombang kedua pesertanya 38 Desa.

sid-pmd

Dinas PMD Kab. Wonogiri menyelenggarakan pelatihan SID bagi 75 desa.

Menurut Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, Antonius Purnama Adi, S.Sos, M.Si mengatakan maksud dan tujuan pengembangan sitem informasi Desa yaitu meningkatkan kualitas perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan Desa dan kawasan perdesaan, mengefektifkan pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan Desa dan kawasan perdesaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pihak yang berkepentingan, mengukur dan memberikan penilaian secara obyektif terhadap kemajuan dan pencapaian strategi pembangunan di Desa dan kawasan perdesaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa. “Sistem Informasi Desa juga sebagai media dalam memperoleh, mengelola dan menyajikan data serta informasi desa dan kawasan perdesaan,” jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut mendatangkan narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri yang menyajikan materi penulisan berita serta Pandu Desa Wonogiri yakni Agung Susanto dari Desa Sendang Kecamatan Wonogiri dan Artadi dari Desa Sidorejo Kecamatan Tirtomoyo sebagai narasumber penataan website desa.

Dengan pelatihan ini diharapkan 75 desa yang menjadi peserta dapat memfungsikan media informasi desa yakni website desa sebagai sarana memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar desa. Mulai dari perencanaan, program kegiatan dan pertanggungjawaban program. (adm)

About sendang-wonogiri 627 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan