Bulan ketiga, BLT DD direncanakan cair serentak

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri, Zygma Idatya Fitha

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) Bulan Ketiga (Maret) Tahun 2021 direncanakan bisa disalurkan serentak. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri, Zygma Idatya Fitha.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (15/03/2021), perempuan yang akrab disapa Fitha ini menjelaskan bahwa saat ini semua desa telah menerima dana desa untuk penyaluran Bulan Maret 2021. “Per 12 Maret 2021, semua desa telah menerima Dana Desa untuk penyaluran BLT Bulan Ketiga. Kemudian untuk penyalurannya kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) ini tergantung jadwal masing-masing desa, tetapi kamu memberi tenggang waktu sampai dengan tanggal 25 bulan Maret,” katanya.

Fitha menambahkan, pencairan dana serentak dan penyaluran dalam tempo waktu yang hampir bersamaan akan memudahkan proses monitoring dan pelaporan.

“Bagi kami, hal ini tentunya memudahkan proses monitoring dan pelaporan. Tidak seperti bulan pertama dan kedua (Januari dan Februari), dimana hampir setiap hari kami mengajukan pencairan, sehingga cairnya tidak serentak, maka penyalurannya kepada KPM pun tersendat. Kalau sudah cair serentak seperti ini, tentunya penyaluran ke KPM lebih mudah dan proses monitoring dan pelaporan pun lebih efisien,” terangnya.

Disinggung mengenai jumlah KPM se-Kabupaten Wonogiri, Fitha menjelaskan, berdasarkan data yang dimiliki Dinas PMD, tercatat ada 12.148 KPM dari 251 desa di Wonogiri.

“Kalau jumlah KPM memang berubah dari tahun 2020 ke tahun 2021 ini, karena ada yang meninggal juga sementara tidak memiliki ahli waris. Kebijakan penentuan KPM BLT DD adalah mereka yang belum menerima bantuan dari program lain, makanya ditentukan melalui musdessus (musyawarah desa khusus) dan hasilnya terdapat 12.148 penerima se-Kabupaten Wonogiri. Besarannya masih sama, Rp300.000,00 per bulan,” ujar Fitha.

Fitha berharap, pencairan dan penyaluran serentak di bulan ini bisa dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya. “Harapan kami tentunya ritme kerja seperti ini bisa kami pertahankan sehingga KPM juga bisa menerima dan memanfaatkan BLT DD untuk pemenuhan kebutuhan sebagaimana mestinya,” tandasnya.

Penulis : SIKP_kominfowng

About sendang-wonogiri 570 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan