Identifikasi bentuk kerjasama desa, Kemendes kunjungi Sendang

paparan-kades-sendang

Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto saat memberikan paparan didepan rombongan, Sabtu (6/3/2021). (Dokumen desa.id – foto : Anto)

WONOGIRI, sendang-wonogiri,desa,id – Direktorat Advokasi dan Kerjasama Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, berkunjung ke Desa Sendang, Wonogiri dalam rangka identifikasi bentuk kerjasama desa, Sabtu (6/3/2021). Dalam rombongan tersebut terdapat Koordinator Fasilitasi Kerjasama Desa dan Perdesaan, Ibu Ir. Minarni Marbun, M.T, Sub Koordinator Pengembangan Kerjasama Antar Desa dan Kawasan Perdesaan, Eko Priyatno, S.Psi, Analis Pemberdayaan Masyarakat, Bayu Wardana, SE, Dinas PMD Wonogiri, Mustaqim serta Tenaga Ahli Dinas PMD, Hadir dan Mulyadi.

kemendes

Koordinator Fasilitasi Kerjasama Desa dan Perdesaan dari Kementerian Desa, Ibu Ir. Minarni Marbun, M.T, didampingi Mustaqim dari Dinas PMD Wonogiri berkunjung ke Sendang, Sabtu (6/3/2021). (Dokumen desa.id – foto : Anto)

Dalam kunjungan tersebut, rombongan diterima langsung oleh Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto, SH beserta perangkat desa. Kades Sendang yang biasa disapa Mas Kamto menyampaikan bahwa Desa Sendang telah melaksanakan kerjasama dengan beberapa pihak antara lain Bank BRI, Jerami Foundation, dan Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. “Tahun ini kami melakukan kerjasama dalam rangka penyusunan Dokumen Tata Ruang Desa Sendang. Harapannya kedepan kita menciptakan program berdasarkan kebutuhan desa bukan sekedar keinginan. Dan itu harus berdasarkan data dan kajian,” papar Sukamto saat memberikan sambutan kepada rombongan di ruang PKK Desa Sendang, Sabtu (6/3).

paparan-kades-sendang

Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto saat memberikan paparan didepan rombongan, Sabtu (6/3/2021). (Dokumen desa.id – foto : Anto)

Sementara itu, Ir Minarni, menyampaikan maksud kunjungannya adalah mengidentifikasi bentuk kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah desa dengan pihak ketiga yang menghasilkan manfaat bagi masyarakat. Melihat paparan yang disampaikan oleh Kades Sendang, Ir. Minarni mengusulkan agar pemerintah desa berani mengambil langkah kerjasama mengingat potensi di Sendang luar biasa. “Disini banyak potensi wisata, kuliner, serta dokumen sudah siap, harusnya pihak desa tinggal melakukan terobosan kerjasama baik dengan pemerintah daerah maupun lembaga lain. Nanti bisa mencari referensi desa-desa lain yang sudah maju,” jelasnya.

paparan-kemendes

Ir. Minarni memberikan masukan kepada Pemdes Sendang untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dalam mengoptimalkan potensi desa. (Dokumen desa.id – foto : Anto)

Pemerintah Desa Sendang melalui BUMDES nya pada tahun 2019 telah melakukan kerjasama dengan Bank BRI Cabang Wonogiri. Kerjasama ini dalam bentuk pemasangan brand atau logo BRI di beberapa spot wisata yang dikelola BUMDES, antara lain di Watu Cenik dan Puncak Joglo. Sebagai timbal balik, BRI memberikan hibah parasut paralayang untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan.

Sebelum tiba di Sendang, rombongan telah mengunjungi Desa Conto dan Desa Semagar. Dua desa ini telah melakukan kerjasama dalam bidang pariwisata dan industri kerajinan batik. Usai mengunjungi Desa Sendang, rombongan akan melanjutkan identifikasi ke Kecamatan Paranggupito dan Kecamatan Wuryantoro. (adm)

About sendang-wonogiri 609 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan