Sendang salurkan BLT-DD 2021 tahap pertama sebanyak 59 KPM

penyaluran-blt-dd-tahap-pertama

Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto saat menyerahkan bantuan BLT DD kepada Bp. Kadimin, KPM dari Dusun Bendorejo.

WONOGIRI – sendang-wonogiri.desa.id. –  Awal tahun 2021 ini Pemerintah Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) kepada 59 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang terdampak covid-19. Pembagian BLT-DD bertempat di Gedung Olahraga Desa Sendang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Tapem Kecamatan Wonogiri, Kepala Desa Sendang, Babinsa, perangkat desa, dan pendamping desa, Kamis (11/2/2021).

penyaluran-blt-dd-tahap-1

Pemdes Sendang menyalurkan BLT DD Bulan Januari/Tahap I di gedung olahraga desa, Kamis (11/2/2021).

Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto saat membuka kegiatan tersebuat mengatakan bahwa Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) ini bersumber dari dana desa tahap pertama tahun 2021. “Jumlah kepala keluarga (KK) penerima program BLT-DD di Desa Sendang berdasarkan hasil Musdessus (Musyawarah Desa Khusus) sebanyak 59 KK dan telah kami tetapkan melalui peraturan kepala desa (Perkades),” jelasnya.

penyaluran-blt-dd-tahap-1

KPM mengantri dengan tertib dan menjaga jarak saat menerima penyaluran BLT DD tahap I, Kamis (11/2/2021).

Sasaran penerima BLT-DD adalah warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19 yang belum terdata di program bantuan sosial lainnya (Program Keluarga Harapan (PKH)/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Bantuan Sosial Tunai (BST)/Kartu Pra Kerja. Bantuan yang diterima oleh masing-masing kepala keluarga sebesar Rp. 300.000 setiap bulannya.

penyaluran-blt-dd-tahap-pertama

Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto saat menyerahkan bantuan BLT DD kepada Bp. Kadimin, KPM dari Dusun Bendorejo.

Terkait teknis penyaluran BLT DD, desa tidak lagi mentransfer dana ke Bank Jateng Cabang Wonogiri seperti pada tahun 2020 lalu, namun langsung kepada KPM. Hal ini sesuai petunjuk dari Dinas PMD dan melihat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Sehingga saat penyaluran yang berlangsung di Gedung Olahraga Desa Sendang, seluruh KPM mengikuti prosedur penerapan protokol kesehatan seperti cuci tangan di tempat yang sudah disediakan, cek suhu badan, memakai masker dan antrian dengan menjaga jarak.

Sementara itu Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Wonogiri, Mahmudi saat diwawancarai oleh reporter sendang-wonogiri.desa.id mengatakan, “walaupun saat penyaluran Pemdes Sendang hanya membuka satu loket antrian namun penyaluran BLT-DD ini berlangsung dengan tertib dan lancar. Perangkat desa yang bertugas mendampingi warga selalu memberikan himbauan untuk menjaga jarak dan menghindari berdesakan atau physical distancing,”. (adm)

 

About sendang-wonogiri 609 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan