Tetap berinovasi di masa pandemi, Sendang masuk nominasi Desa Brilian

watu-cenik

Wisata Watu Cenik menjadi salah satu ikon destinasi wisata yang dikembangkan BUMDes Sendang Pinilih. (Dok.desa.id – Foto : adm)

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah berhasil mengukir prestasi ditingkat Nasional. Dari total 575 Desa yang tersebar di wilayah Indonesia. Desa Sendang berhasil terpilih masuk nominasi sebagai Desa Brilian.

watu-cenik

Wisata Watu Cenik menjadi salah satu ikon destinasi wisata yang dikembangkan BUMDes Sendang Pinilih. (Dok.desa.id – Foto : adm)

Program Desa Brilian yang diinisiasi Kementerian Desa bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini akan menilai desa-desa di seluruh Indonesia yang dianggap tanggap, tangguh, serta tetap melakukan inovasi meski di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

“Kriteria seleksi yakni adanya Bumdes yang aktif. Digitalisasi Ekonomi Desa. Inovasi untuk layanan publik atau peningkatan ekonomi. Kepemimpinan dan kekompakan warga serta ketahanan dan keberlanjutannya,” ungkap Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto pada reporter sendang-wonogiri.desa.id.

penyuluhan-kesehatan

Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto (pegang mic) saat memberikan sambutan pada rakor BUMDes di ruang TP PKK Desa Sendang beberapa waktu lalu. (Dok.desa.id – foto : adm)

Dijelaskan, dari total jumlah desa yang diseleksi, hanya diambil sebanyak 125 desa. Desa Sendang berada pada urutan ke 11. “Kalau di Wonogiri hanya satu desa yang lolos dalam program ini,” tuturnya.

Desa-desa yang terpilih akan mengikuti Program Inkubasi Brincubator Goes To Desa Brilian dari bulan September sampai dengan November 2020. “Kegiatan berupa webinar, assesment dan survey online, penilaian program brilian, dan penghargaan,” terangnya.

Panitia akan menetapkan sebanyak 10 orang pemenang Desa Brilian terbaik dan memberikan pendampingan khusus pasca program kepada para pemenang. “Mengingat masa pandemi, semua kegiatan nanti akan kami laksanakan secara Virtual atau online via Zoom,” tambahnya.

pelatihan-pengelola-wisata

Para pengurus BUMDes selalu meningkatkan kapasitas dengan mengikuti berbagai pelatihan terkait Pengelolaan Pariwisata. (Dok.desa – foto : adm)

Sekdes Sendang, Agung Susanto, menambahkan, masuknya Desa Sendang dalam nominasi Desa Brilian, tidak terlepas dari potensi besar alam yang dimiliki Desa Sendang, termasuk masyarakatnya itu sendiri. “Pengembangan destinasi wisata Watu Cenik, Puncak Joglo dan beberapa destinasi lain yang merupakan unggulan usaha BUMDes Sendang Pinilih di bidang usaha pariwisata, sehingga kedepan Sendang akan menjadi desa Wisata dengan memanfaatkan peningkatan dunia digital, dan peningkatan PADesa menjadi sebuah prestasi,” katanya mengakhiri. (adm)

About sendang-wonogiri 617 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan