pembagian-kartu-kis

149 warga Sendang terima Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Kabar Desa Kesehatan

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id — Ratusan warga Desa Sendang, Wonogiri mendapat Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat atau KIS kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) pada Senin, 14/09/2020. Warga yang hadir untuk mendapatkan KIS pada kesempatan tersebut sebanyak 149 orang yang terdiri dari 81 kepala keluarga. Mereka tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu pengecekan suhu tubuh oleh perangkat desa, memakai masker dan jaga jarak.

kartu-kis

Camat Wonogiri, Djoko Purwidyatmo, S.Sos, MM, saat memberikan sambutan pada pembagian kartu KIS di GOR Sendang, Senin (7/9). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Camat Wonogiri, Djoko Purwidyatmo, S.Sos, M.M didampingi Anggota DPRD Wonogiri, Margono, Sekcam Wonogiri, Kasi Kesra dan Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto membagikan Kartu KIS secara simbolis. “Tahun ini ada tujuh ribu lebih kartu KIS dibagikan di Kabupaten Wonogiri. Untuk kecamatan Wonogiri ada 3.709 jiwa. Dan yang dibagikan di Sendang ada 149 jiwa atau 49 KK,” jelasnya.

pembagian-kartu-kis

149 warga menghadiri pembagian kartu KIS di GOR Sendang, Senin (14/7). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Ia menambahkan, dengan adanya program JKN KIS diharapkan masyarakat merasa nyaman, tidak bingung ketika sakit. “Jangan tergesa-gesa dipakai, harapan saya semua masyarakat selalu diberi kesehatan,” imbuhnya.

pembagian-kartu-kis

Camat Wonogiri, Djoko Purwidyatmo, S.Sos, MM, secara simbolis memberikan kartu KIS kepada perwakilan warga penerima KIS. (Dok.desa.id – Foto : adm)

Di akhir sambutannya, Djoko Purwidyatmo, S.Sos, M.M menyerahkan kartu KIS secara simbolis yang diwakili Partono dari Dusun Nglegong dan Rina dari Dusun Prampelan.

pembagian-kartu-kis

Anggota DPRD Kab. Wonogiri, Margono saat memberikan sambutan pada acara pembagian kartu KIS di GOR Sendang, Senin (14/7). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri dari Fraksi PDIP sekaligus wakil ketua komisi II, Margono hadir dalam pembagian kartu KIS tersebut. “Saat negara kita dilanda pandemi Covid-19, bahkan sudah menjadi wabah global maka pemerintah pusat hingga daerah bahkan pemerintah desa hadir dengan program jaring pengaman sosial. Berbagai program bansos disalurkan antara lain BST, BLT-DD, BSP provinsi, BSP kabupaten. Bidang kesehatan, pemerintah juga hadir dengan program KIS-PBI (Penerima Bantuan Iuran) bagi masyarakat yang tidak mampu,” jelas Margono saat didampingi oleh Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto di Gedung Olahraga Desa Sendang, Senin (14/9).

pembagian-kartu-kis

Kades Sendang, Sukamto Priyowiyoto saat memberikan sambutan pada acara pembagian kartu KIS di GOR Sendang, Senin (14/7). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto, SH, mengatakan sangat berterima kasih kepada Bupati Wonogiri, Joko Sutopo yang berkomitmen tinggi untuk mensejahterakan masyarakat dengan salah satu programnya yaitu “Sehat Wargane”. Ia menambahkan, KIS yang dibagikan tersebut dapat digunakan dalam lingkup nasional. Namun prosesnya berjenjang, sesuai ketentuan pelayanan kesehatan masing-masing daerah. “Meski bisa mencakup lingkup nasional, namun tidak bisa serta merta langsung ke rumah sakit besar. Ada proses yang harus dilalui. Harus ada rujukan dari faskes pertama dahulu,” pungkasnya. (adm)

Tinggalkan Balasan