rapat-pleno-pps

PPS Sendang tetapkan DPHP Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020

Kabar Desa Pemerintahan

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id | Berbagai tahapan persiapan telah dilakukan dalam rangka mensukseskan Pemilukada Tahun 2020 yang akan diselenggarakan serentak pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Salah satunya pada Selasa, 1/9/2020 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri telah mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP (Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran) Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020. Rapat pleno dilaksanakan di Kantor PKK Desa Sendang. Hadir dalam pleno PPS, Perwakilan PPK, Sekretariat PPS, PPL dan perwakilan dari Parpol. Hanya ada 2 perwakilan parpol yang hadir yakni Tri Widodo (PDIP) dan Sudadi (Partai Golkar).

rapat-pleno-terbuka

Ketua PPS, Sunarno (memegang mic) saat membuka rapat pleno rekapitulasi DPHP di ruang PKK Desa Sendang, Selasa (1/09). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Rapat pleno terbuka DPHP dipimpin langsung oleh ketua PPS Desa Sendang, Sunarno, S.ST. M.Si. Dimulai pukul 20.00 WIB dan berakhir 21.15 WIB. Disampaikan oleh ketua bahwa Rapat pleno ini merupakan hasil pencoklitan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) berdasar data A-KWK. “Kami mengucapkan terima kasih kepada rekan PPDP atas jerih payah melaksanakan pencoklitan data, maka malam ini kami mengundang semua perwakilan parpol dan PPL untuk mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP,” paparnya.

rapat-pleno-pps

Rapat pleno rekapitulasi DPHP diikuti PPS, perwakilan parpol, PPL, PPDP dan dihadiri perwakilan PPK, Selasa (1/09). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Dari hasil rapat pleno terbuka ini didapat Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran di Desa Sendang dengan jumlah Pemilih Baru tersebar di 7 TPS sebanyak 90 orang, terdiri dari laki-laki 45 orang dan perempuan 45 orang. Pemilih Tidak Memenuhi Syarat sebanyak 126 orang (laki-laki 69, perempuan 57), Pemilih yang melakukan perubahan data sebanyak 59 orang (Laki-laki 22, perempuan 37). Pemilih Laki – laki sebanyak 1.427, Pemilih Perempuan sebanyak 1.475, dan Total Pemilih sebanyak 2.902. Data tersebut tertulis pada lampiran berita acara pleno PPS Sendang Nomor 02/BA/PPS SENDANG/2020.

rapat-pleno-pps

Ketua PPS menyerahkan hasil rekapitulasi DPHP kepada perwakilan parpol, Selasa (1/09). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Disampaikan juga oleh Sunarno bahwa perjalanan menuju Pemilukada 2020 masih banyak tahapan yang harus dilalui. Hasil rekapitulasi DPHP selanjutnya akan dikirim ke KPU melalui PPK.

Sementara itu perwakilan PPK Kecamatan Wonogiri, Dewi, menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan PPDP yang telah melaksanakan coklit selama satu bulan dan tidak menutup kemungkinan untuk direkrut menjadi KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). “Kami menyadari tugas PPDP cukup berat mengingat geografis desa Sendang berupa pegunungan. Namun dengan komitmen untuk menjunjung tinggi demokrasi maka tugas tersebut dapat dijalankan dengan penuh semangat,” jelasnya.

Ia menambahkan untuk pelaksanaan tahapan pemilu serentak tahun ini dalam masa pandemi Covid-19, untuk itu beberapa fasilitas akan disiapkan dalam rangka penerapan protokol kesehatan. “Nantinya calon anggota KPPS akan menjalani rapid test sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Mudah-mudahan pemilukada serentak tahun ini berjalan dengan aman dan lancar,” pungkasnya. (adm)

Tinggalkan Balasan