pencanangan-desa-wisata

Kaya potensi, Pemdes Sendang gelar pencanangan Desa Wisata

Kabar Desa Potensi Desa

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Pemerintah desa Sendang pada hari Kamis tanggal 27 Agustus 2020 melalui Kepala Desa Sendang Sukamto Priyo Wiyoto S.H mencanangkan Sendang sebagai Desa Wisata. Bertempat di ruang TP PKK Desa Sendang, pencanangan desa wisata tersebut dihadiri oleh Disporapar, pokdarwis, pengurus BUMDES Sendang Pinilih, perangkat desa serta BPD Desa Sendang.

pencanangan-desa-wisata

Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto, SH (Memegang mic) saat menyampaikan sambutan pada pencanangan desa wisata Sendang Pinilih, Kamis (27/08). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Desa Wisata Sendang Pinilih yang dicanangkan oleh Kepala Desa Sendang dalam sambutannya mengutip dari pakar wisata mengatakan bahwa Desa Wisata adalah integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat menyatu dengan tata cara & tradisi yang berlaku. Serta dalam pengelolaannya akan diserahkan sepenuhnya kepada Badan Usaha Milik Desa Sendang Pinilih.

Ketua BUMDes Sendang Pinilih Sunarno, S.St., MS.I yang hadir saat pencanangan desa wisata menjelaskan, bahwa Desa Wisata berperan pada penciptaan lapangan kerja, peningkatan penghasilan bagi masyarakat lokal, diversifikasi struktur ekonomi masyarakat, mendorong kewirausahaan, serta melestarikan warisan alam-budaya. “Untuk itu perlu kerjasama antara pengelola dan masyarakat sekitar untuk mewujudkan desa wisata,” tambahnya.

pencanangan-desa-wisata

Perwakilan dari Disporapar, Sukijo (Baju putih) saat menyampaikan sambutan pada pencanangan desa wisata Sendang Pinilih, Kamis (27/08). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Acara yang dihadiri oleh Disporapar Kabupaten Wonogiri yang diwakili Sukijo mengatakan bahwa desa Sendang ini sangat berpotensi sekali untuk dijadikan desa wisata karena dari segala aspek dapat terpenuhi diantaranya memiliki produk atau daya tarik wisata yang unik seperti pegunungan, persawahan, adat istiadat dan juga kelompok seni. Disamping itu, Sukijo yang juga sebagai pelaku seni kethek ogleng itu menambahkan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) di desa Sendang cukup mendukung.

Selain desa telah mendirikan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang mengelola berbagai destinasi wisata desa (Watu Cenik, Puncak Joglo, Watu Lumbung), juga terdapat Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang selalu berperan aktif didalam menciptakan sapta pesona. Dengan partisipasi pokdarwis maka bidang keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramah-tamahan dan juga kenangan dapat terpenuhi. (ibnu).

Tinggalkan Balasan