qurban-ponpes-albarru

Ponpes Al Barru terima bantuan sapi qurban dari Bupati Wonogiri

Artikel Warga Kabar Desa Tokoh Masyarakat

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Menjelang Idul Adha 1441 H/ 2020 ini Ponpes Al Barru, Bulusulur, Wonogiri menerima bantuan hibah 1 ekor sapi qurban dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo pada Jum’at (30/7/2020). Bantuan Hibah Sapi qurban diserahkan oleh Sutoyo selaku anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, dan diterima oleh Ketua Yayasan Al Barru, Joko Santosa dan Ketua Ponpes Al Barru, Agung Susanto.

qurban-ponpes-albarru

Ponpes Al Barru menerima bantuan sapi qurban dari Bupati Wonogiri, Jum’at (31/7). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Selain bantuan sapi dari Bupati Wonogiri, tahun ini Ponpes Al Barru juga menerima bantuan berupa 1 ekor kambing dari Polres Wonogiri dan 1 ekor kambing dari Hj. Endang Maria Astuti, tokoh masyarakat setempat. Ponpes Al Barru juga mewujudkan 1 ekor sapi dari patungan para santri.

Ketua Ponpes Al Barru menyampaikan, “Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Wonogiri khususnya Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang telah memberi bantuan Hewan Qurban berupa 1 ekor sapi kepada Ponpes Al Barru. Kepada Polres Wonogiri kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuannya. Bantuan- bantuan dari berbagai fihak ini akan digunakan sebagai hewan qurban pada Jumat (30/7/2020) dan dagingnya akan didistribusikan kepada masyarakat,” jelasnya saat menerima hibah sapi qurban didepan halaman ponpes Al Barru.

sapi-kurban-bantuan-bupati

Ketua Ponpes Al Barru dan Ketua Yayasan Al Barru saat menerima bantuan sapi qurban dari Bupati Wonogiri di Ponpes Al Barru, Bulusulur, Wonogiri, Jum’at (31/7). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Ia menambahkan, para santri Ponpes Al Barru merasa bersyukur walaupun pada masa pandemi Covid-19 ternyata masih bisa melaksanakan ibadah qurban. “Walaupun warga Wonogiri banyak yang terdampak wabah covid-19, semangat warga khususnya santri ponpes untuk meraih pahala dengan berqurban dan berbagi dengan sesama sangatlah tinggi. Santri secara patungan dapat mewujudkan membeli satu ekor sapi. Jadi tahun ini ponpes dapat menyembelih 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing,” tandasnya.

sapi-kurban-ponpes

Santri Ponpes Al Barru, Bulusulur, Wonogiri melaksanakan penyembelihan hewan qurban dengan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker. (Dok.desa.id – Foto : adm)

Karena masih dalam kondisi belum aman dari covid-19 atau masa new normal, maka ia menghimbau kepada para santri dan warga sekitar ponpes dalam pelaksanaan Idul Adha 1441 H/ 2020 dan dalam pelaksanaan qurban supaya melaksanakan surat edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri tentang teknis pelaksanaan kegiatan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha tahun 1441 H/ 2020 M pada situasi Pandemi Covid-19. Protokol kesehatan harus tetap diterapkan seperti jaga jarak, pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan pakai hand sanitizer.

Usai melaksanakan sholat Idul Adha didalam Masjid Baitusshobur, komplek Ponpes Al Barru, para santri melanjutkan penyembelihan hewan qurban dilokasi lahan kosong sebelah selatan ponpes. Daging dibagikan kepada masyarakat sekitar ponpes dengan cara menyalurkan langsung ke rumah-rumah. “Kami tidak membagikan kupon pengambilan daging dengan tujuan mengurangi kerumunan. Ini sebagai upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19,” pungkas Agung Susanto. (adm)

Tinggalkan Balasan