Bulan Juli Pemdes Sendang salurkan BLT Tahap Ketiga

Kabar Desa Penggunaan Dana Desa

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap ketiga kepada 150 Kepala Keluarga (KK) yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Wonogiri, Senin (27/7/2020) mulai pukul 07.30 WIB.

Penyaluran BLT DD Tahap III di Pendopo Kecamatan Wonogiri dibuka oleh Sekcam Wonogiri, Agus Haryanto, Senin (27/7). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowiyoto mengatakan, pembagian BLT tersebut diberikan kepada warga yang memang layak mendapatkannya sebagai dampak dari pandemi COVID-19. “Jadi jelas tidak ada yang kita tutupi, semua transparan dalam pemberian tersebut kepada warga. Karena itu merupakan hak mereka yang sudah diatur pemerintah akibat dampak COVID – 19,” kata Sukamto Priyowiyoto saat mendampingi pembagian BLT DD, Senin (27/7/2020).

Penyaluran BLT DD Tahap III di Pendopo Kecamatan Wonogiri dibantu oleh Bank Jateng. (Dok.desa.id – Foto : adm)

Lanjut Sukamto Priyowiyoto, setiap KK mendapatkan BLT DD sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan. Untuk pencairan berikutnya sebagai perpanjangan BLT DD, pemdes Sendang menunggu instruksi lebih lanjut dari Dinas PMD Kabupaten Wonogiri.

Ia menyebutkan, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan di Desa Sendang sebanyak 875 KK yang terdiri dari bantuan dari Kemensos BST 150 KK, BSP Kabupaten 194 KK, BSP Provinsi 260 KK, BPNT 103 KK, PKH 81 KK, dan BLT DD 150 KK.
“Kami tahun 2020 ini mendapatkan anggaran Dana Desa sebesar 912 juta lebih namun dipotong 30 persen untuk BLT Dana Desa sebesar 270 juta dan program mendesak desa dalam penanggulangan wabah Covid-19. Nanti akan ada perpanjangan tiga bulan namun nominalnya Rp 300 ribu per bulan,” jelasnya.

Perangkat desa mengecek berkas Penyaluran BLT DD Tahap III di Pendopo Kecamatan Wonogiri, Senin (27/7). (Dok.desa.id – Foto : adm)

Sukamto Priyowiyoto berharap, dengan adanya bantuan tersebut, bisa bermanfaat bagi masyarakat selama masa pandemi virus corona ini. “Kami Pemerintah Desa sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Pemda Kabupaten Wonogiri yang bersinergi dalam penanggulangan wabah ini,” katanya.

Penyaluran BLT DD Tahap III dibantu oleh Babinsa, Babinkamtibmas, Linmas dan relawan desa. (Dok.desa.id – Foto : adm)

Penyaluran bantuan kepada masyarakat tersebut, turut dihadiri Babinkamtibmas, Babinsa, pendamping desa serta para anggota satuan tugas COVID- 19 desa setempat. Dalam penyaluran BLT DD tahap ketiga ini Pemdes Sendang menerapkan protokol kesehatan lebih ketat seiring kenaikan angka warga yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Wonogiri. Warga yang hadir harus memakai masker, cuci tangan, dan dicek suhu tubuh dengan thermo gun oleh petugas Pukesmas Wonogiri II. (adm)

Tinggalkan Balasan